visitaaponce.com

Pengadaan Bus Listrik di Jakarta Harus Dipercepat

Pengadaan Bus Listrik di Jakarta Harus Dipercepat
Sejumlah bus TransJakarta yang ditenagai listrik parkir di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (3/9).(MI/ROMMY PUJIANTO)

PENGAMAT Transportasi  dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI)  Djoko Setijowarno menyebutkan pengadaan bus listrik di Jakarta seharusnya dipercepat untuk mendukung program  elektrifikasi transportasi publik masa depan umumnya dan bagi TransJakarta khususnya.

"Pengadaan bisa dipercepat tidak hanya mengandalkan produk luar negeri, PT TransJakarta  bisa membeli bus listrik dalam negeri misalnya salah satunya dari produk PT INKA, yang pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali sudah teruji produknya," kata Djoko seperti dilansir dari Antara, Senin (16/10).

Dia mengatakan bahwa percepatan bus listrik sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas.

Baca juga: TransJakarta Targetkan Punya 10 ribu Lebih Armada Listrik

"Percepatan itu sudah menjadi amanat dalam Perpres tentang percepatan program kendaraan transportasi umum bermotor listrik berbasis baterai," kata dia.   

PT TransJakarta menargetkan mampu mengoperasikan 10 ribu lebih armada bertenaga listrik pada 2030 untuk menuju elektrifikasi transportasi publik masa depan.

Baca juga: 22 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi Oktober 2023

Rencana dalam kurun waktu tujuh tahun ke depan ini ditargetkan dapat mampu membuat transportasi publik bertenaga listrik bisa berkembang pesat. Pada 2027, TransJakarta menargetkan sebanyak 50 persen armada bus sudah harus menggunakan listrik. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat