visitaaponce.com

Ada Debat Cawapres, Jalan Sekitar JCC Dialihkan Malam Nanti, Ini Alternatifnya

Ada Debat Cawapres, Jalan Sekitar JCC Dialihkan Malam Nanti, Ini Alternatifnya
Ilustrasi pengalihan jalan dan rekayasa lalu lintas di kawasan Senayan JCC, Jakarta Selatan, karena ada debat cawapres.(Antara)

DIREKTORAT Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat malam, 22 Desember 2023. Pengalihan arus dilakukan karena ada debat calon wakil presiden (debat cawapres).

"(Tapi), untuk rekayasa lalu lintas masih situasional," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 Desember 2023.

Sebelum kebijakan pengalihan arus dilakukan, personel lalu lintas akan apel terlebih dahulu pukul 17.00 WIB. Pasalnya, debat cawapres dimulai pukul 19.00 WIB. Trunoyudo mengatakan pengalihan arus dilakukan agar tidak terjadi kemacetan. Kemudian, agar penyelenggaraan debat dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 itu berjalan aman tertib dan lancar.

Baca juga: 2.464 Polisi Diturunkan Jaga Debat Cawapres di JCC Malam Ini

Pengalihan arus ini disebut salah satu tugas Polri sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Lalu, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), dan Keputusan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Nomor: Kep/99/VII/2022 tanggal 21 Juli 2022 tentang Rencana Kerja Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Tahun 2023.

"(Polri) menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lantas yang aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melintasi objek pada kegiatan debat cawapres 2024. Mewujudkan Kamseltibcar yang kondusif pada saat pelaksanaan kegiatan debat cawapres 2024, sehingga menambah kepercayaan masyarakat untuk peningkatan citra Polri," tutur Trunoyudo.

Baca juga: Debat Cawapres 2023 akan Diselenggarakan di JCC

Berikut pengalihan arus di sekitar JCC:

1. Arus lalu lintas yang dari Jl. Gatot Subroto yang akan menuju ke Jl. Gerbag Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang Ladokgi ke arah Jl. Gerbang Pemuda

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat kedua Pilpres 2024. Kali ini, yang akan beradu argumen adalah tiga cawapres. Ketiga cawapres itu adalah dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema yang akan dibahas dalam debat cawapres nanti meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan. Debat ini nantinya dimulai pukul 19.00 WIB di JCC Senayan.

Debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit. Segmen 1 khusus untuk pemaparan visi dan misi. Segmen 2,3,4, dan 5 masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah. Segmen terakhir atau segmen ke-6 adalah penyampaian pernyataan penutup setiap cawapres.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana untuk calon presiden (capres). Yaitu capres dari nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Debat capres ini digelar di Gedung KPU, Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Desember 2023.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat