visitaaponce.com

Jakarta Kembali Jadi Kota dengan Polusi Udara Tertinggi

Jakarta Kembali Jadi Kota dengan Polusi Udara Tertinggi
Gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta(MI / Susanto)

DKI Jakarta menduduki peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk di Asia Tenggara, Rabu (6/9). Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 16.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta menyentuh angka 157.

Angka tersebut menunjukan Unhealthy atau tidak sehat bagi manusia. Polutan tertinggi dalam udara DKI Jakarta hari ini yakni PM 2.5, dengan nilai konsentrasi 66 mikrogram per meter kubik (µg/m³ ).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mendorong sinergitas semua pihak dalam rangka upaya percepatan penurunan polusi udara.

Baca juga : Pemprov DKI Diminta Konsisten Tangani Polusi Udara

Selain membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara, Pemprov DKI Jakarta juga menginstruksikan perangkat daerah/unit kerja pada perangkat daerah untuk mengajak masyarakat agar berkontribusi dalam upaya perbaikan kualitas udara.

Baca juga : Korban Polusi Udara Merebak, Dinkes DKI Siagakan RSUD dan Puskesmas 24 Jam

Hal itu tertuang dalam Instruksi Sekretaris Daerah (Insekda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2023 tentang Upaya Percepatan Penurunan Tingkat Pencemaran Udara Sekda Provinsi DKI Jakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengimbau melalui Walikota hingga Lurah untuk para warga agar bisa menggunakan masker untuk melindungi diri.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta mengurangi polusi dengan beragam langkah, seperti mulai melindungi diri dari polutan dengan menggunakan masker,” ujar Joko melalui keterangan tertulis dikutip, Rabu (6/9). (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat