visitaaponce.com

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Kerahkan Pasukan Oranye dan Pompa Air

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Kerahkan Pasukan Oranye dan Pompa Air
Rumah pompa air di Jakarta siaga hadapi musim hujan(MI/Ramdani)

JAKARTA mulai diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, akibat hujan lebat pada Sabtu (4/11) malam, banjir muncul di 54 RT di Jakarta. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, sudah menyiagakan petugas pasukan oranye untuk mengantisipasi banjir.

Ada ribuan petugas UPS Badan Air yang senantiasa membersihkan sampah-sampah yang mengalir di kali, sungai, waduk, embung untuk mengurangi muatan volume ruang terbuka biru tersebut sehingga dapat lebih maksimal menampung debit air di musim hujan.

"Ya kita kan yang pasti ada UPS Badan Air. Kita ada beberapa saringan sampah. Kita juga ada Sodetan Ciliwung. Sodetan kalau ada sampahnya kita yang angkut. Kita juga ada PA Manggarai. Kita sudah menyiagakan semua terhadap kemungkinan penyumbatan aliran sungai karena adanya sampah," kata Asep di Balai Kota DKI, Senin (6/11).

Baca juga: Tidak Difungsikan di Musim Hujan, Pemilik Gedung Tetap Wajib Punya Water Mist

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin mengatakan, pengerukan waduk, kali, situ, dan embung terus dilakukan untuk meningkatkan daya tampung agar maksimal di musim hujan. Selain itu, pompa-pompa air baik pompa 'mobile' maupun pompa stasioner juga terus disiagakan.

"Kami tetap fokus untuk melaksanakan kegiatan pengerukan baik itu di kali maupun waduk," kata Ika saat dikonfirmasi Media Indonesia.

Baca juga: Hadapi Musim Penghujan, Pemkab Sidoarjo Siagakan Rumah Pompa

Ia menambahkan, Sodetan Kali Ciliwung sudah mulai beroperasi mengalirkan sebagian debit Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) sesuai yang direncanakan. Ika mengklaim, banjir di Jakarta pada Minggu (5/11) tidak terlalu parah karena adanya sodetan.

"(Sodetan) sudah beroperasi. Justru dengan beroperasinya sodetan, TMA air di Kali Ciliwung saat hujan deras kemarin sangat terbantu," tegasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat