visitaaponce.com

Tidak Difungsikan di Musim Hujan, Pemilik Gedung Tetap Wajib Punya Water Mist

Tidak Difungsikan di Musim Hujan, Pemilik Gedung Tetap Wajib Punya Water Mist
Pekerja menyemprotkan air menggunakan water mist generator di Kantor Walikota, Jakarta Pusat, Jakarta.(Antara)

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pada musim hujan pengoperasian water mist generator akan berkurang. Water Mist generator merupakan mesin penyemprot embun air ke udara yang ditujukan untuk mengurangi polusi udara dan diwajibkan dimiliki oleh para pemilik gedung.

"Ya dioperasikan mungkin tidak ya," kata Asep di Balai Kota DKI, Senin (6/11).

Namun, ia menegaskan para pemilik gedung swasta tetap harus melakukan pengadaan water mist generator karena hal itu sudah menjadi kewajiban para pemilik gedung sesuai dengan Pergub 66/2023 tentang Strategi Pengendalian Pencemaran Udara.

Baca juga: Tilang Uji Emisi Banyak Diprotes Pengendara, Ini Jawaban Dinas LH

"Jadi meskipun tidak dioperasikan tetapi pemilik gedung tetap wajib memiliki mesin water mist. Karena itu menjadi kewajiban yang melekat," tuturnya.

Sementara itu, Saat ini, sebanyak 166 water mist generator terpasang di 134 gedung tinggi pemerintah maupun swasta di Jakarta.

Baca juga: Plin-plan! Polisi Kembali Tiadakan Tilang Uji Emisi di Jakarta

Ani menjelaskan saat ini sebanyak 32 unit water mist generator sedang berproses pemasangan. Rencananya, puluhan alat tersebut akan dipasang di 24 gedung tinggi untuk memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota.

Adapun sebaran water mist di masing-masing wilayah Administrasi Jakarta, yaitu Jakarta Pusat sebanyak 31 gedung dengan total 31 unit. Kemudian, di Jakarta Utara sebanyak enam gedung dengan total tujuh unit terpasang.

Lalu di Jakarta Barat 41 gedung dengan total 71 unit terpasang, Jakarta Selatan 50 gedung dengan total 50 unit terpasang, dan Jakarta Timur enam gedung dengan total tujuh unit terpasang.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat