visitaaponce.com

Plin-plan Polisi Kembali Tiadakan Tilang Uji Emisi di Jakarta

Plin-plan! Polisi Kembali Tiadakan Tilang Uji Emisi di Jakarta
Petugas memperlihatkan surat keterangan hasil uji emisi saat digelarnya razia dan tilang uji emisi di Jakarta, Rabu, (1/11).(MI/Usman Iskandar)

PENINDAKAN tilang untuk kendaraan yang tak lolos uji emisi di Jakarta yang sebelumnya pernah dihilangkan dan diberlakukan lagi pada 1 November 2023 ini, telah dihapus kembali oleh pihak kepolisian sejak Kamis, 2 November 2023. Aturan tilang uji emisi di tempat itu praktis hanya dijalankan selama satu hari.

Alasan kembali dihilangkannya kebijakan itu disebut karena munculnya berbagai protes dari masyarakat. Sebelumnya, tilang uji emisi di tempat sempat dilakukan pada 1 September 2023. Namun, kebijakan itu dihentikan setelah berjalan sepekan. Alasannya, tidak efektif dan menimbulkan kemacetan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan bahwa pihaknya kini hanya memberikan imbauan kepada pengendara yang kendaraannya tidak lolos uji emisi.

"Soal penilangan uji emisi dihilangkan. Ditlantas tidak ada melakukan penilangan, tapi tetap akan melakukan himbauan," kata Latif saat dihubungi, Kamis (2/11).

Baca juga: 57 Kendaraan Terjaring Rasia Tilang Uji Emisi

Penindakan tilang tersebut, disebut Latif banyak menuai protes dari warga sehingga pihaknya memutuskan untuk kembali meniadakan kebijakan yang baru dilakukan sehari itu.

"Banyak masyarakat yang komplain. Makanya mulai hari ini kami tetap melakukan sosialisasi tidak ada penilangan. Kita tetap melakukan himbauan tapi tidak ada penilangan," ucapnya.

Baca juga: Surat Lulus Uji Emisi Bakal Jadi Syarat Perpanjangan STNK

Menurutnya, protes dari masyarakat soal kebijakan itu lantaran banyak yang belum mengetahui akan adanya hal tersebut.

"Kita melihat situasi kondisi masyarakat saat ini, dan banyak masyarakat yang istilahnya masih butuh sosialisasi lagi," jelasnya.

Latif menambahkan, nantinya pihak kepolisian dan stakeholder terkait akan tetap melakukan uji emisi dibeberapa titik di Jakarta. Hanya saja, fokusnya melakukan sosialisasi terhadap para pengendara.

"Kami dari kepolisian setelah evaluasi hari pertama, masyarakat mungkin banyak yang belum memahami tentang pentingnya uji emisi, dan apabila dilakukan penilangan mungkin masyarakat akan resistensi. Kami juga akan merubah pola lagi, tapi kami akan berkoordinasi kembali dengan KLHK, kami tidak akan melakukan penilangan kami akan gencar melakukan himbauan dan sosialisasi tentang pentingnya uji emisi," ujarnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat