visitaaponce.com

Pemprov DKI Akselerasi Pembangunan RDF, Lelang Dimulai Desember

Pemprov DKI Akselerasi Pembangunan RDF, Lelang Dimulai Desember
Foto udara pembangunan fasilitas pengelolaan sampah Lindfill Mining dan RDF Plant di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.(Antara)

PEMPROV DKI Jakarta serius mengeksekusi proyek Refuse Derived Fuel (RDF) Plant untuk mengatasi permasalahan pengolahan sampah di Jakarta. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan lelang RDF Plant yang akan dibangun di Rorotan, Jakarta Utara tahun depan.

Pihaknya pun akan melakukan percepatan agar RDF Plant dapat selesai dibangun pada akhir tahun depan.

Baca juga: Pemprov DKI Hadirkan Layanan Publik di Mall

"Karena memang kalau untuk anggaran kan sudah teralokasikan di DPA APBD 2024 yah sebesar Rp1,32 triliun. Jadi tadi saya laporan ke Pak Gubernur tentang kesiapannya dan mudah-mudahan kalau sesuai waktu nanti kita bisa mulai proses lelangnya di Desember," ujar Asep ditemui di Balai Kota DKI, Senin (6/11).

Ia pun menargetkan peletakkan batu pertama proyek RDF Plant di Rorotan dapat dilakukan pada minggu ketiga Februari 2024. Sementara itu, RDF Plant di Rorotan akan memiliki kapasitas pengolahan sampah lebih besar daripada RDF Plant di TPST Bantargebang. Sebagaimana diketahui, RDF Plant di TPST Bantargebang memiliki kapasitas pengolahan sampah sebesar 2 ribu ton dan dapat menghasilkan 750 ton bahan bakar setara batu bara.

Baca juga: Denda Uji Emisi Dihentikan, Pemprov DKI sudah Koordinasi Polda Metro Jaya

"Untuk di Rorotan perencanaannya kita di 2.500 ton per hari. Dapat menghasilkan 800 ton bahan bakar setara batu bara," jelasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat