visitaaponce.com

Rumah Singgah Bagi Pasien Anak Berpenyakit Berat Akan Dibuka di Jakbar

Rumah Singgah Bagi Pasien Anak Berpenyakit Berat Akan Dibuka di Jakbar
Yayasan RMHC memperingati Hari Ulang Tahun ke-13 di RSCM.(Dok RMHC)

Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) akan membuka rumah singgah baru bagi anak-anak dengan penyakit jantung bawaan, kanker serta penyakit kronis lainnya di wilayah Jakarta Barat. Lokasi rumah singgah itu berada di dekat 3 rumah sakit besar yang melayani banyak pasien anak dengan penyakit berat. 

Sebelumnya, rumah singgah RMHC pertama telah dibuka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, diresmikan pada 20 November 2014. Rumah ini menjadi tempat beristirahat dan menginap keluarga dan pasien anak dengan penyakit kritis yang sedang menjalani pengobatan di RSUP Fatmawati. Di sana, pasien anak dan keluarganya diharapkan dapat tetap merasakan kehangatan keluarga seperti berada di rumah sendiri. Lokasinya berada di Jalan Kana Lestari J.24, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Fasilitas yang disediakan adalah 8 kamar tidur, ruang makan, dapur, ruang bermain, dan perpustakaan.

Selain itu, rumah singgah RMHC juga terdapat di Gedung Kiara RSCM, diresmikan pada 2017, menjadi rumah singgah pertama milik RMHC yang berlokasi di dalam lingkungan rumah sakit. Lokasinya berada di Gedung Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) Kiara RSCM lantai 8, Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat. Fasilitasnya terdiri atas 12 kamar tidur, toilet, ruang makan, dapur, ruang bermain, dan perpustakaan.

Rumah singgah RMHC ketiga berlokasi di Denpasar, diresmikan pada 2021. Pasien dan keluarga yang ditampung berasal dari Bali dan wilayah timur Indonesia. Lokasinya di Jalan Diponegoro, Gang Pertani, Denpasar, Bali. Di sana terdapat 25 kamar tidur, toilet, ruang makan, dapur, ruang bermain, dan perpustakaan.

Yayasan RMHC memperingati Hari Ulang Tahun ke-13 dengan melakukan kegiatan berbagi kebahagiaan bersama pasien anak dan relawan di RSCM. pada Selasa (27/2). Acara ini dihadiri lebih dari 50 pasien anak dan puluhan tamu undangan yang melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan menghibur dan mengangkat semangat anak-anak yang sedang menjalani pengobatan di RSCM. Rangkaian kegiatannya mulai dari mendongeng oleh tim dari Ayo Dongeng Indonesia, menggambar, hingga pertunjukan sulap.

Baca juga : Komitmen Negara dan Kolaborasi Diperlukan untuk Wujudkan Rumah Singgah yang Terjangkau

Kegiatan menggambar diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan perasaan mereka yang tidak selalu mudah diungkapkan secara verbal. Menggambar merupakan media yang dapat memberikan anak kebebasan untuk memilih objek gambar yang disukai, bermain warna, menuangkan imajinasi serta harapannya tanpa rasa takut dan ragu. Orangtua pun dapat mendampingi proses menggambar ini sambil menggali perasaan anak melalui gambar tersebut.

”Melalui berbagai kegiatan kami bisa tetap merasa di rumah dan bisa kenal banyak keluarga baru,” ucap Ibunda Elvano yang mendampingi putranya berobat. Mereka terbang untuk mencari kesembuhan dari Papua.

Selain hiburan, RMHC juga memberikan ratusan bingkisan kepada anak-anak yang sedang dalam masa pemulihan.”Semua pencapaian selama 13 tahun ini tentunya diraih bersama dengan dukungan Yayasan RMHC serta peran besar keluarga yang tidak putus dan selalu semangat dalam mendampingi anak-anak di masa pencegahan, perawatan, hingga pemulihan.” ungkap Manajer Hukum dan Humas RSCM Uud Cahyono.

Baca juga : Lions Club Jakarta Selatan Tulip Berbagi Berkat untuk Dua Rumah Singgah

Perayaan serupa juga dilakukan di Denpasar, dihadiri oleh lebih dari 50 peserta, termasuk pasien anak, keluarga, dan relawan yang terdiri dari psikolog, tenaga medis, dan juga komunitas di Bal . Kemeriahan ditandai dengan acara konsultasi kesehatan dan kecantikan, hiburan musik akustik, hingga beragam permainan seru.

”Mendampingi proses naik turunnya kondisi kesehatan anak yang sedang dirawat intensif kerap membuat keluarga lelah fisik, emosional, dan mental. Melalui program rumah singgah, setiap aktivitas dan fasilitas berfokus pada kesejahteraan pemulihan fisik serta mental bagi anak dan keluarganya. Kami yakin, keluarga yang merasa aman dan nyaman akan lebih mampu untuk mendukung pemulihan anak yang sedang sakit,” kata Organizational Leader Yayasan RMHC Ratih Prativi Negara.

Selain rumah singgah, Yayasan RMHC yang berfokus pada kesehatan anak-anak kurang mampu juga menyelenggarakan pelayanan imunisasi dasar, pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan dasar, serta membuka dua ruang tunggu atau Ronald McDonald Family Room dan 2 Mobil Kesehatan Keliling atau Ronald McDonald Care Mobile. (X-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Iis Zatnika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat