visitaaponce.com

Kebutuhan Masyarakat Tinggi sebabkan Kejahatan Meningkat

Kebutuhan Masyarakat Tinggi sebabkan Kejahatan Meningkat
Alasan kejahatan meningkat di bulan Ramadan(Freepik)

PENGAMAT kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai bahwa meningkatnya tren kejahatan pada bulan Ramadan hingga jelang Lebaran disebabkan oleh adanya peningkatan kebutuhan di masyarakat yang tinggi.

Menurut Bambang, dengan adanya peningkatan kebutuhan, maka pengeluaran dari masyarakat juga pasti akan meningkat. Sementara, bagi sebagian masyarakat peningkatan pengeluaran biaya tersebut tak diiringi dengan peningkatan penghasilan.

"Makanya ada masyarakat yang mencari jalan pintas untuk mendapatkan peningkatan pendapatan agar dapat memenuhi kebutuhannya selama Ramadan hingga jelang Lebaran dengan melakukan kejahatan," kata Bambang saat dihubungi, Kamis (27/3).

Baca juga : Operasi Ketupat Lebaran Dimulai 4-16 April 2024

Selain itu, Bambang juga sangat menyayangkan upaya dari kepolisian untuk mengantisipasi kejahatan ini. Menurutnya, kegiatan antisipasi kejahatan yang dilakukan kepolisian seperti Operasi Kamtibmas hanya sebatas seremonial dan rutinitas tahunan saja tanpa ada evaluasi secara substantif.

Padahal, lanjut Bambang, siklus kejahatan di bulan Ramadan dan jelang Lebaran itu terjadi di setiap tahun. Seharusnya pihak kepolisian bisa mengantisipsi kejahatan-kejahatan tersebut dengan cara yang tepat.

"Siklus seperti itu terjadi rutin tiap tahun. Hanya saja, operasi tersebut seringkali masih sebatas seremonial dan rutinitas tahunan saja, seperti hanya menggelar operasi Ketupat menjelang sampai akhir Lebaran, itu pun lebih fokus pada pengamanan lalu lintas. Padahal peningkatan angka kejahatan seringkali muncul sejak awal bulan Ramadan," ujarnya.

Oleh karena itu, Bambang meminta agar pihak kepolisian dapat meningkatkan patroli kelilingnya selama bulan Ramadan hingga jelang Lebaran. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap kejahatan yang terjadi di masyarakat.

"Kepolisian harus menggelar operasi berupa patroli keliling di tempat-tempat rawan. Hal ini dilakukan sebagai upaya preventif mencegah kejahatan," tuturnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat