visitaaponce.com

Menjaga Keamanan Sepanjang Mudik, BNN Kota Depok Lakukan Tes Urine Awak Bus

Menjaga Keamanan Sepanjang Mudik, BNN Kota Depok Lakukan Tes Urine Awak Bus
Kegiatan tes urine bagi awak bus di kota Depok.(Dok. Metro TV)

GUNA mengantisipasi terjadi bahaya lalu lintas di masa mudik lebaran ini, BNN Kota Depok melakukan tes urine bagi para sopir bus dan awak lainnya. Tes urine tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah ada awak bus yang terkontaminasi narkoba.

Satu per satu para awak bus berbagai daerah tujuan ini menjalani tes urine di Terminal Jatijajar, Tapos, Kota Depok. Tak butuh waktu lama, hanya dalam waktu 5 menit, asil tes ini dapat diketahui.

Kegiatan tes urine ini pun disambut baik oleh para awak bus. Hal ini untuk menambah tingkat kepercayaan para calon penumpang yang akan mudik dengan menggunakan bus.

Baca juga : Tekan Angka Kelekaan Mudik, Polri akan Lakukan Tes Alkohol dan Narkoba ke Supir Bus

"Biar semua itu berjalan lancar dan aman. Mungkin ada salah satu yang pakai narkoba atau gimana, biar semua itu kondusif untuk perjalanan. Masalahnya kalo pengemudi itu harus menjaga keamanan membawa penumpang banyak,” ujar Hendri, awal bus tujuan Malang.

Sementara itu, anggota BNN Kota Depok, Purwoko Nugroho mengatakan, dari puluhan awak bus yang menjalani tes urine, seluruhnya negatif menggunakan narkoba.

"Kegiatan hari ini merupakan deteksi dini, supaya kita itu menjaga rasa aman bagi para penumpang sehingga mereka nyaman untuk bisa selamat sampai tujuan. Ini target 50 dari jam setengah 1 sampai setengah 2 sekitar 20 orang yang sudah kami tes urine, Alhamdulillah negatif semua,” ujar Purwoko.

Kegiatan tes urine bagi para awak bus ini sebagai pelayanan bagi para penumpang yang hendak mudik melalui terminal Jatijajar. Selanjutnya pihak BNN Kota Depok akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Depok untuk melakukan tes kesehatan hingga tes urine lanjutan.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat