visitaaponce.com

Polda Metro Jaya Gelombang Arus Mudik Mulai Terjadi Hari Ini

Polda Metro Jaya: Gelombang Arus Mudik Mulai Terjadi Hari Ini
Sejumlah kendaraan pemudik melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.(Dok. Antara)

POLDA Metro Jaya memprediksi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sudah mulai terjadi. Diperkirakan pada Jumat (5/4) hari ini sudah akan terjadi pergerakan mudik Lebaran ke luar Jabodetabek, khususnya wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Diperkirakan pada setelah salat Jumat ini diperkirakan pergerakan ke arah timur khususnya sudah mengalami peningkatan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat (5/4).

Pengamanan mudik pun sudah mulai diberlakukan oleh petugas. Mulai siang ini, kendaraan sumbu tiga ke atas akan dilarang untuk melintas di area ruas tol.

Baca juga : H-7 Menjelang Lebaran Jumlah Kendaraan Meninggalkan Jabotabek Meningkat

"Untuk di Jakarta ini yang akan menjadi perhatian memang selama ini Cikunir menjadi titik simpul daripada mudik," ujarnya.

Namun, kini Tol Cimanggis-Cibitung akan dioperasionalkan secara fungsional. Jalur ini bisa dilewati pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Oleh karena itu, pemudik dari arah Bogor, Depok, dan Cibubur, diimbau menggunakan jalur ini. Sehingga lalu lintas tidak terpusat di Gerbang Tol Cikunir.

Baca juga : Ganjil Genap saat Mudik Diawasi Tilang Elektronik dari Tol Cawang hingga Jabodetabek

"Biasanya kan dari Bogor, Depok melalui Cikunir kan melewati Jakarta lagi, nah sekarang dia lagi memotong sekitar hampir 40-50an kilometer," tuturnya.

Polda Metro Jaya sendiri memprediksi jumlah pemudik akan terus meningkat hingga malam hari. Puncaknya terjadi pada Sabtu-Minggu besok.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat