visitaaponce.com

Pemerintah Kota Depok Akan Evaluasi Kegiatan Luar Sekolah Pasca Kecelakaan Bus di Subang

Pemerintah Kota Depok Akan Evaluasi Kegiatan Luar Sekolah Pasca Kecelakaan Bus di Subang
Kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana di Subang(MI/Susanto)

PEMERINTAH Kota Depok, Jawa Barat, akan mengadakan evaluasi menyeluruh terhadap kegiatan di luar sekolah setelah kecelakaan tragis yang menimpa rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di Subang. Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, menyatakan bahwa Pemerintah Kota akan bekerja sama dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang bertanggung jawab atas SMA/SMK setempat.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan mungkin juga akan ada evaluasi di tingkat SMP atau SD. Akan ada persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk kunjungan luar kota," kata Imam dikutip melalui Antara, Minggu (12/5).

Imam menjelaskan bahwa evaluasi ini akan melibatkan Dewan Sekolah, Dewan Pendidikan Kota Depok, lembaga persatuan sekolah swasta, Dinas Pendidikan Kota Depok, KCD, dan jika memungkinkan, pihak kepolisian juga akan ikut serta.

Baca juga : Pengamat: Perlu Ada Rencana Induk Pendidikan agar Study Tour Dapat Dikelola dengan Baik

Imam menekankan pentingnya keamanan kendaraan yang digunakan oleh siswa-siswi sekolah dan mengatakan bahwa hal ini merupakan kewajiban dan prosedur yang harus diikuti. Terutama mengingat dugaan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh rem bus yang blong.

"Kami juga akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menyelidiki masalah ini bersama penyelenggara travel bus," tambahnya.

Meskipun demikian, Imam menyatakan bahwa saat ini Pemerintah Kota Depok dan pihak terkait masih fokus pada penanganan para korban kecelakaan dan proses pemakaman korban meninggal dunia.

"Semoga evaluasi dapat dilakukan secepatnya," tambah Imam.

Sebelumnya, sebuah bus pariwisata yang membawa rombongan pelajar SMK asal Depok, Jawa Barat, mengalami kecelakaan di jalan turunan Ciater, Subang, Sabtu (11/5) malam sekitar pukul 18.45 WIB. Dalam kecelakaan tersebut, sepuluh siswa penumpang bus dan seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat