visitaaponce.com

Polri Bakal Razia Kelaikan Bus Pariwisata Setiap Minggu

Polri Bakal Razia Kelaikan Bus Pariwisata Setiap Minggu
Tim gabungan mengecek ban bus saat sidak kelayakan bus pariwisata di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2024).(ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

POLRI bakal menggelar razia bus pariwisata secara rutin setiap minggu. Upaya itu guna memastikan bus laik jalan dan menekan angka kecelakaan seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir. 

"Akan kami lakukan dengan Dirjen (Kementerian Perhubungan) setiap minggu dan akan dilakukan sweeping baik itu di tempat wisata atau lainnya,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso dalam keterangan tertulis, Senin (10/6). 

Slamet mengatakan bus yang tidak memenuhi standar keselamatan akan dihentikan operasinya. Pengelola juga diwajibkan mengganti bus tersebut.

Baca juga : Kecelakaan Bus Subang: Yayasan SMK Lingga Kencana Serahkan Masalah Kondisi Bus ke Polisi

"Akan kami lakukan tindakan dan kami sampaikan kepada PO-nya untuk mengganti dengan kendaraan yang sudah lengkap," ujar dia.

Slamet optimistis langkah itu mencegah kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata. Masyarakat juga diimbau lebih teliti sebelum menyewa bus.

"Tanyakan kelengkapan administrasi layak operasional dari kendaraan tersebut sehingga terhindar dari kecelakaan," papar jenderal bintang satu itu. (P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat