visitaaponce.com

Heru Budi Hartono akan Bangun Pulau Sampah di DKI Jakarta

Heru Budi Hartono akan Bangun Pulau Sampah di DKI Jakarta
PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.(Dok. Medcom.id)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berencana membuat pulau di laut Jakarta yang terbuat dari sampah. Adanya pulau sampah itu kedepannya untuk penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta.

Pulau sampah ini diinisiasi dari pengerukan sedimen lumpur oleh Pemprov DKI yang terus menumpuk pada 13 sungai di Jakarta. Tumpukan sedimen ini lantas menjadi persoalan karena tak ada lagi tempat pembuangan.

"Maka, lokasinya adalah salah satunya yang pantas, yang layak dikaji, adalah di wilayah [laut] utara [Jakarta]. Jadi, nanti pembuangan sampah itu, termasuk sedimen, menjadi pulau-pulau," kata Heru di Rorotan, Jakarta Utara, Senin (13/5).

Baca juga : Lokasi Latihan Atlet Dayung Jakarta Dipenuhi Busa Limbah, Heru Budi Perintahkan Dinas Terkait untuk Selesaikan

Heru menjelaskan, pengelolaan atas pulau tersebut bisa dipegang oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta. Oleh dinas terkait, pulau-pulau sampah ini bisa dikembangkan menjadi RTH. Selain untuk menjadi RTH, kata Heru, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengolah sampah di pulau-pulau sampah tersebut. Ia belum merinci skema pengolahan sampah di pulau-pulau itu.

"Pulau-pulau itu bisa pengolahan dinas Dinas Taman. Juga tentunya untuk pengolahan sampah itu sendiri dan kita bisa menambah RTH," tuturnya.

Dalam hal ini, Heru meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta untuk melakukan kajian atas rencana pembuatan pulau sampah tersebut. Pemprov DKI dituntut harus membuat pulau sampah di laut Jakarta. Sebab, Pemprov DKI tak lagi memiliki lahan untuk menjadi lokasi pembuangan sampah dari jutaan masyarakat Jakarta. Pemprov DKI juga disebut tak mungkin terus-menerus membuang sampah di TPS Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Kalau saya ditanya, ya kita harus ke depan seperti itu. Tidak mungkin lagi membuang sampah Bantar Gebang di wilayah daratan Jakarta," kata Heru.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat