visitaaponce.com

RI Siap Gelar World Water Forum ke-10 di Bali, ini Rangkaian Kegiatannya

RI Siap Gelar World Water Forum ke-10 di Bali, ini Rangkaian Kegiatannya
Polisi berpatroli di kawasan The Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (10/5/2024). Kawasan pariwisata yang dikelola InJourney Tourism Development C(ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menuturkan Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rangkaian agenda World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. WWF merupakan forum internasional membahas pengelolaan sumber daya air.

Rangkaian acara dimulai pada Sabtu (18/5) dengan kegiatan Balinese Water Purification Ceremony di Kura-Kura Bali (KKB).

Acara ini akan diikuti sekitar 2.000 orang dengan tujuan memperkenalkan pada dunia tradisi Bali yang menjadikan air sebagai suatu yang suci.

Baca juga : Delegasi WWF mulai Tiba di Indonesia pada 15 Mei

"Acara selanjutnya ialah jamuan makan malam atau gala dinner di Garuda Wisnu Kencana pada Minggu 19 Mei 2024," kata Basuki dalam keterangannya pada rapat koordinasi penyelenggaraan World Water Forum ke-10, Kamis (16/5).

Untuk seremoni pembukaan WWF akan digelar pada Senin pagi, 20 Mei 2024 di Bali International Convention Center (BICC). Total sekitar 6.000 orang akan hadir dalam agenda tersebut.

Selanjutnya pada hari yang sama, Menteri PU-Pera menjelaskan akan dilanjutkan dengan konferensi tingkat tinggi (KTT) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Pertemuan dibagi menjadi sesi proses politik, tematik, dan regional pada 20-24 Mei 2024.

Baca juga : 1.532 Personel Lantas Diterbangkan ke Bali untuk Amankan Kegiatan WWF

"Total ada 283 sesi untuk mendiskusikan strategi pengelolaan air," kata Basuki.

Forum ini akan dihadiri delapan kepala negara, tiga deputy prime minister, tiga utusan khusus, 19 menteri/setingkat menteri yang mewakili kepala negara dan ada 20 pejabat lainnya serta organisasi internasional.

Acara WWF juga diramaikan dengan kegiatan pameran atau fair and expo yang dimulai pada Senin (20/5), di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali Collection, dan Pantai Kuta. Di BNDCC akan ada 21 paviliun negara dan 126 organisasi yang ikut acara tersebut.

Baca juga : Indonesia Dorong Pembentukan Global Water Fund di Ajang World Water Forum ke-10

Selanjutnya pada Kamis, (23/5), akan diselenggarakan Melasti Water Carnival di Pantai Melasti. Penutupan acara berlangsung pada, Jumat (24/5) di Mangupura Hall dan kegiatan cultural night atau farewell di Taman Bhagawan pada hari yang sama.

Berikutnya, agenda field trip ke lokasi Water Museum Subak di Tabanan, Jatiluwih UNESCO World Heritage Site, Danau Batur Kintamani, Cultural

Village Ubud, dan Kebun Raya Bedugul pada Sabtu (25/5). Hingga hari ini, peserta yang telah mendaftar acara WWF 2024 tercatat sebanyak 14.000 orang dari nasional serta internasional dan terus bertambah hingga pembukaan. (Ins)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat