visitaaponce.com

Heru Budi Sebut 5.170 Bencana Melanda Jakarta selama 4 Tahun Akibat Perubahan Iklim

Heru Budi Sebut 5.170 Bencana Melanda Jakarta selama 4 Tahun Akibat Perubahan Iklim
Penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono berbicara saat upacara pemberangkatan program transportasi gratis pemerintah bagi masyarakat kur(Yasuyoshi CHIBA / AFP)

PEJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan sebanyak lima ribu lebih bencana alam dalam kurun waktu 4 tahun yakni 2019-2023. Salah satu faktornya yakni perubahan iklim yang signifikan.

"Jakarta sudah ada peningkatan intensitas bencana akibat perubahan iklim selama perioder 2019-2023 tercatat sebanyak 5.170 peristiwa bencana melanda Kota Jakarta," kata Heru saat membuka acara Crisis Management Conference 2024 yang bertajuk 'Strengthening Disaster Resilience in a Global City' di The Langham Ballroom, Jakarta Selatan, pada Rabu (28/5).

Namun ia mengatakan, angka tersebut lebih sedikit dibandingkan Provinsi Jawa Barat.

Baca juga : 2024 Jadi Tahun Terakhir bagi Jakarta Berstatus Ibu Kota Negara

"Namun masih kalah dengan Provinsi Jawa Barat Pak Bey selama menjabat beliau selalu sibuk dengan bencana bencana alam, Sukabumi, Cianjur," papar Heru.

Menurutnya, Jakarta merupakan dataran rendah dengan ketinggian 7 meter di atas permukaan laut yang dikelilingi laut jawa dan dilalui oleh 13 sungai.

Wilayah pesisir utara, Jakarta berada di bawah permukaan laut sehingga rentan terhadap banjir akibat pasang laut dan hujan ekstrem.

"Dan selain itu etak Jakarta berada di Delta dan jalur cincin api pasifik meningkatkan lebih tinggi risiko terhadap bencana alam seperti banjir dan gempa bumi," tutupnya. (Far).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat