visitaaponce.com

Presiden Jokowi Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat di Pekanbaru

Presiden Jokowi Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat di Pekanbaru
Presiden Jokowi resmikan sejumlah infrastruktur di Riau(MI/Fetry)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) Bambu Kuning, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (31/5/2024).

Jokowi katakan dengan begitu kini masyarakat kota Pekanbaru memiliki sistem pengelolaan air limbah terpusat untuk mengelola air limbah yang ada di Kota Pekanbaru dan menjaga lingkungan air, menjaga kualitas air tanah, serta menjaga air baku yang dimiliki.

Sistem pengelolaan air limbah ini telah mulai dikerjakan di tahun 2020 dan menelan biaya yang tidak sedikit Rp 902 miliar, sebagian dibiayai oleh Bank Pembangunan Asia (Asia Development Bank), dan juga dari APBN, serta APBD.

Baca juga : Dua Kelompok Mahasiswa UIN Suska Pekanbaru Tawuran

"Kerja semestinya seperti ini. Semuanya bergerak sehingga apa yang kita inginkan bisa selesai," kata Jokowi, Jumat, (31/5/2024). Pada peresmian ini, dia didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

SPALDT Bambu Kuning ini memiliki kapasitas 8.000 meter kubik per hari, dengan jaringan pemipaan untuk masuk ke rumah tangga bisa mencapai 11.000 sambungan rumah tangga.

Jokowi juga meminta agar infrastruktur mengenai pengelolaan air limbah betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas layanan air di Kota Pekanbaru dan lingkungan sekitar agar tetap bersih dan sehat.

"Ini sangat baik. Sehingga air baku, kualitas air yang ada di Pekanbaru bisa kita kelola di masa-masa yang akan datang," kata Jokowi. (Try)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat