visitaaponce.com

Inpres Jalan Daerah, Ruas Jalan Provinsi Riau Diharapkan Terhubung ke Kawasan Ekonomi Produktif

Inpres Jalan Daerah, Ruas Jalan Provinsi Riau Diharapkan Terhubung ke Kawasan Ekonomi Produktif
Presiden Joko Widodo mengumumkan Provinsi Riau telah menyelesaikan pembangunan dan perbaikan 10 ruas jalan provinsi sepanjang 63 km(MI/Fetry)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah, Provinsi Riau telah selesai membangun dan memperbaiki sebanyak 10 ruas jalan provinsi dan sepanjang 63 km. Total anggaran yang dihabiskan sebesar Rp 369 miliar.

"Berkaitan dengan jalan daerah, Inpres jalan daerah di Provinsi Riau telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp369 miliar, juga selesai," kata Jokowi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat (31/5).

Presiden meminta agar Pemerintah Daerah, dalam hal ini gubernur dan bupati aktif untuk merancang perencanaan tersambungnya jalan tol yang sudah selesai pembangunannya, ke kawasan produktif ekonomi daerah.

Baca juga : Ambil Alih Perbaikan Jalan di Provinsi Lampung, Pemerintah Pusat Siapkan Rp800 Miliar

"Saya titip kepada gubernur, bupati, dan walikota, agar jalan tol yang sudah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, baik kawasan pertanian, perkebunan, dan pariwisata," kata Jokowi.

Dengan demikian, manfaatnya akan terasa langsung ke percepatan mobilitas barang dan masyarakat. Sehingga ekonomi di daerah akan terbangun dan bergerak.

"Sehingga riil manfaaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah, sampai mempercepar mobilitas orang dan barang. Sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia," kata Jokowi.

Baca juga : Deklarasi Dukungan untuk AMIN di Riau, Sudirman Said Berharap Presiden Jaga Wibawa

Ini merupakan kunjungan ketiga Jokowi ke Kampar. Pertama kali Jokowi mengunjungi Kampar pada Jumat (9/10/2015), datang dari Sumatera Barat melalui jalan darat.

Jokowi singgah di Puskesmas Kuok. Kunjungan perdana itu untuk meninjau penanganan bencana kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kunjungan kedua pada Rabu (4/1/2024), Jokowi datang untuk meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) di Gerbang Tol Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat