visitaaponce.com

Dishub DKI Temukan 243 Bus Mudik tidak Laik Jalan

Dishub DKI Temukan 243 Bus Mudik tidak Laik Jalan
Ilustrasi(Antara/Indrianto Eko)

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah melakukan Monitoring Kinerja Transportasi pada moda transportasi yang digunakan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Dari pengawasan yang dilakukan di tujuh terminal yang beroperasi, yaitu Terminal Terpadu Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priok, Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke, ditemukan 243 bus yang tidak laik jalan. Sementara, jumlah bus yang dinyatakan laik jalan hanya 144 unit.

"Terhadap bus yang dinyatakan tidak laik jalan, Perusahaan Otobus (PO) harus menyediakan bus pengganti dan/atau melakukan perbaikan. Sehingga, dipastikan seluruh bus yang melayani penumpang dalam kondisi laik jalan," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, pada Rabu (19/4).

Baca juga: Pemberangkatan Mudik Gratis Berlangsung Lancar

TIdak hanya memonitor kendaraan, Dishub DKI juga memeriksa kondisi kesehatan sopir dan awak bus. Dari pemeriksaan itu, sebanyak 371 pengemudi dinyatakan sehat dan 58 pengemudi dinyatakan tidak sehat.

"Seluruh perangkat moda transportasi baik kendaraan dan awak bus harus dalam kondisi prima mengingat jumlah penumpang bus AKAP selama masa angkutan Lebaran adalah sebesar 64.528 penumpang," terangnya.

Baca juga: Jasa Marga Berlakukan One Way dari Tol Japek sampai GT Kalikangkung

Monitoring Kinerja Transportasi dilakukan secara intensif pada sejak 14 hingga 18 April 2023. Pengawasan dilakukan tidak hanya pada angkutan bus, tetapi juga moda transportasi publik lainnya seperti angkutan penyeberangan dan penerbangan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat