visitaaponce.com

Pemberangkatan Mudik Gratis Berlangsung Lancar

Pemberangkatan Mudik Gratis Berlangsung Lancar
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.(DOK ISTAGRAM DISHUB DKI JAKARTA)

KEPALA Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan pemberangkatan mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI berjalan lancar dan sukses.

Hal tersebut dia sampaikan seusai mendampingi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas keberangkatan 13.541 orang yang mengikuti program mudik gratis Pemprov DKI di Monas, Jakarta, Senin (17/4).

"Jumlah penumpang pada hari ini akan dilepas 13.541 penumpang dengan 284 bus," kata Syafrin yang mengatakan para pemudik berangkat ke 19 kota/kabupaten di Indonesia.

Kini, kata Syafrin, tugas berikutnya adalah penyelenggaraan arus balik. Kata Syafrin, terdapat 10.623 peserta arus balik. Dengan demikian, total ada 24.164 peserta mudik gratis yang terdiri dari penumpang keberangkatan serta penumpang arus balik.

Baca juga: Heru Berangkatkan 13.541 Pemudik Gratis di Monas

"Animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi. Dari hasil verifikasi, terdapat 24.164 penumpang yang akan mudik atau meningkat 25,3 persen dari target," jelas Syafrin.

Saat melepas para pemudik gratis, Heru juga didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Menurut Syafrin, jumlah penumpang mudik gratis Pemprov DKI tahun ini melampaui target dari yang sebelumnya ditetapkan. Dari hasil verifikasi dan klarifikasi data, tercatat ada 28.506 pendaftar. Sementara target yang ditetapkan hanya sebanyak 19.280 penumpang.

Baca juga: Melebihi Kapasitas, 24 Ribu Orang Berangkat Mudik Gratis

Ya, kuota yang disiapkan sebanyak 19.280 penumpang dengan rincian 11.120 penumpang arus mudik dan 8.160 penumpang arus balik.

Akibat tingginya animo masyarakat, kata dia, Pemprov DKI Jakarta kekurangan armada bus karena jumlah yang dianggarkan hanya 484 unit. Namun akhirnya, Pemprov mendapatkan 13 bus tambahan dari BUMD DKI.

"Alhamdulilah dari BUMD DKI Jakarta telah berkenan untuk membantu dengan menyampaikan CSR dalam bentuk bus yaitu Bank DKI sebanyak 5 bus, PT MRT 2 bus, PT TransJakarta 5 bus, dan PT LRT Jakarta sebanyak satu bus," papar Syafrin.

Tak hanya bus mudik gratis, Syafrin menyebut telah melepaskan truk untuk mengangkut sepeda motor pada Minggu (16/4). "Untuk arus balik angkutan Lebaran tahun ini, truk akan dilepas pada 27 April dan bus akan dilepas pada 28 April dari 19 kota di 6 provinsi," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat