visitaaponce.com

Melebihi Kapasitas, 24 Ribu Orang Berangkat Mudik Gratis

Melebihi Kapasitas, 24 Ribu Orang Berangkat Mudik Gratis
Pj Gubernur Jakarta Heru Budi melepas keberangkatan mudk gratis di Monas, Senin (17/4)(Dok.Ist)

SEBANYAK 24.164 orang pemudik diberangkatkan menuju kota tujuannya masing-masih oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jumlah ini naik 25,3% dari target yang telah ditetapkan yakni sebanyak 19.280. 

“Berdasarkan hasil klarifikasi dan verifikasi, pendaftar yang masuk dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sebanyak 28.506 pendaftar. Oleh karena itu kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi, dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik (yang memenuhi persyaratan)," katanya.

Syafrin mengatakan, ada penambahan 18 unit bus dari 482 bus menjadi 500 bus untuk kendaraan arus mudik dan arus balik yang dianggarkan Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Heru Berangkatkan 13.541 Pemudik Gratis di Monas

Program Mudik Gratis 2023 akan mengantarkan penumpang dengan tujuan Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Provinsi Sumatera Selatan), Kuningan dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat), Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Provinsi Jawa Timur).

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta juga memberangkatkan 13 truk yang mengangkut 281 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulo Gadung menuju tujuh kota seperti Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

Baca juga: Besok, 24 Ribu Peserta Mudik Gratis Berangkat Serentak Dari Monas

Penyelenggaraan arus balik penumpang ditargetkan akan mengangkut sebanyak 10.623 penumpang menggunakan 216 bus dari 19 kota asal pemberangkatan menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang, sehingga total penumpang yang mengikuti Program Mudik Gratis Jakarta 2023 sebanyak 24.164 penumpang mudik dan balik.

Sedangkan arus balik kendaraan akan dilakukan pada 27 April 2023 dari sembilan kota tujuan ke Terminal Pulo Gadung.

Selain dapat mengurangi beban pemudik yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor) untuk pulang ke kampung halaman, dengan adanya Program Mudik Gratis Jakarta 2023 diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan masalah mobilitas pemudik di kampung halaman. Sehingga kegiatan mudik dan balik berjalan lebih lancar dan penumpang aman sampai tujuan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat