visitaaponce.com

Libur Lebaran Usai, Jumlah Kendaraan Arus Balik Capai 2,06 juta

Libur Lebaran Usai, Jumlah Kendaraan Arus Balik Capai 2,06 juta
Petugas bersiap untuk memberlakukan skema satu arah menuju Jakarta di Gerbang Tol Palimanan, Jawa Barat(Antara)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat total arus balik kendaraan pemudik ke Jabotabek mencapai 2,06 juta kendaraan. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari arah Puncak, GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung.

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 48,3% jika dibandingkan lalin normal dengan total 1,39 juta kendaraan," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya, Selasa (2/5).

Ia melanjutkan jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2022, total volume lalin 2,06 juta kendaraan meningkat 6,5% dari 1,94 juta kendaraan.

Baca juga : Diskon Tarif Tol Bantu Cegah Kepadatan saat Arus Balik

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek mayoritas menuju Trans Jawa dan Bandung dengan 1,2 juta kendaraan atau 56,4% dari total kendaraan. Lalu, 501 ribu kendaraan atau 24,3% dari Merak, dan 398 ribu kendaraan atau 19,3% dari arah Puncak.

Baca juga : Volume Kendaraan Arus Balik Meningkat 46 Persen

Lisye merinci distribusi lalin hingga H+8 Lebaran ialah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 703 ribu kendaraan, melonjak 133% dari lalin normal.

Kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang mencapai 462 ribu kendaraan, meningkat 44,8% dari lalin normal.

"Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 1,2 juta kendaraan, meningkat 87,8% dari lalin normal," kata Lisye.

Untuk kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 501,9 ribu kendaraan, meningkat sebesar 13,9% dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 398 ribu kendaraan, tumbuh 20% dari lalin normal.

Lisye menambahkan kendaraan yang kembali ke Jabotabek telah mencapai 100% dari prediksi arus balik sebesar 2 juta kendaraan pada periode hari H sampai H+8 Hari Raya Idul Fitri 1444 H di empat gerbang tol utama yang telah disebutkan sebelumnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat