visitaaponce.com

Tutup Posko Angkutan Lebaran, Menhub Mudik yang Aman dan Berkesan sudah Terwujud

Tutup Posko Angkutan Lebaran, Menhub: Mudik yang Aman dan Berkesan sudah Terwujud
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta, yang dipadati penumpang saat arus mudik.(MI/Adam Dwi)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023. Dalam kesempatan itu, Budi menyimpulkan periode mudik tahun ini berjalan dengan sangat baik.

"Alhamdulilah, kita bisa melaksanakan tugas dari Presiden dengan baik untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan," kata Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (3/5).

Budi mengatakan posko terpadu sangat membantu jalannya arus mudik dan arus balik yang aman dan lancar. Posko berfungsi mengoordinasikan penyelenggaraan angkutan lebaran di Indonesia.

Baca juga: Libur Lebaran Usai, Jumlah Kendaraan Arus Balik Capai 2,06 juta

Selain itu, posko terpadu juga membuat sinergi antarpemangku kepentingan semakin solid. Apalagi, mereka bisa memantau banyak titik keramaian seperti di terminal, pelabuhan, bandara, stasiun, jalan tol, maupun arteri.

"Semua aktif memberikan informasi sehingga bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Kemudian bisa segera disosialisasikan ke masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Naik, Epidemiolog: Bukan Karena Hari Raya

Budi menyebut pergerakan masyarakat tahun ini memang lebih tinggi dibanding 2022. Namun karena penanganan arus mudik dan balik yang lebih baik, angka pemudik yang besar tidak menjadi permasalahan.

"Terima kasih kepada masyarakat, yang sangat kooperatif dengan imbauan-imbauan yang disampaikan pemerintah maupun petugas di lapangan," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat