visitaaponce.com

Chikungunya Serang Satu Kampung di Pamekasan

Chikungunya Serang Satu Kampung di Pamekasan
Nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi bakteri yang menyebabkan demam berdarah, Zika dan chikungunya(AFP)

WABAH chikungunya menyerang satu kampung di Kelurahan Kowel, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Puluhan orang terserang penyakit yang dibawa oleh nyamuk tersebut.

Menurut Ismail, warga Kowel, puluhan warga merasakan nyeri di persendian disertai demam. Sebagian dari mereka tidak bisa menggerakkan anggota badan seperti mengalami kelumpuhan. "Kondisi ini tidak hanya dialami satu keluarga, tapi puluhan dan penyebarannya cukup cepat," ujar Ismail, Selasa (23/4).

Ia baru tahu kalau penyakit yang diderita adalah chikungunya setelah memeriksakan ke Puskesmas Kowel. Bahkan, di Puskesmas tersebut telah ada beberapa penderita penyakit yang sama dan sedang menjalani rawat inap.

Kepala Puskesmas Kowel, Siswanto Pabidang, mengatakan pihaknya telah melakukan observasi untuk melakukan langkah pemberantasan. Selain itu, kata dia, pihak Puskesmas melakukan uji laboratorium fases terhadap para penderita untuk memastikan tidak ada penyakit lain yang diderita. "Kami akan segera melakukan penyemprotan sarang nyamuk dan memberikan abate ke warga untuk membatasi penyebaran," kata Siswanto. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat