visitaaponce.com

Chikungunya Menyebar di Kowel

Chikungunya Menyebar di Kowel
Petugas Dinkes melakukan pengasapan di rum ah warga yang diduga menjadi sarang nyamuk penyebar virus Chikungunya(Dok MI)

PENYAKIT demam ­chikungunya menyerang satu kampung di Kelurahan Kowel, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Puluhan orang terserang penyakit yang disebabkan ­nyamuk tersebut.

Menurut Ismail, warga Kowel, puluhan warga merasakan nyeri di persendian disertai demam. Sebagian tidak bisa menggerakkan anggota badan seperti mengalami kelumpuhan.

“Kondisi ini tidak hanya dialami satu keluarga, tapi puluhan dan penyebarannya cukup cepat,” katanya, Selasa (23/4).

Warga baru tahu kalau penyakit yang diderita mereka ialah demam chikungunya setelah memeriksakan diri ke Puskesmas Kowel. Bahkan, kata Ismail, di puskesmas tersebut sudah ada beberapa warga yang menderita penyakit yang sama dan sedang menjalani rawat inap.

Sebagai informasi, gejala klinis akibat demam chikungunya mirip dengan demam berdarah dengue. Gejala klinis yang dimaksud yaitu demam mendadak, menggigil, muka kemerahan, mual, muntah, nyeri punggung, nyeri kepala, fotofobia, dan timbul bintik-bintik kemerahan terutama di daerah badan.

Nyeri sendi terutama terjadi di sendi siku, lutut, pergelangan kaki, dan sendi-sendi kecil di pergelangan tangan dan kaki yang berlangsung beberapa hari sampai satu minggu.

Sementara itu, dalam menanggapi penyebaran demam ­chikungunya di Kowel, Kepala Puskesmas Kowel, Siswanto Pabidang, mengatakan pihaknya telah melakukan observasi ­untuk melakukan langkah ­pemberantasan.

Selain itu, kata dia, pihak puskesmas juga sudah melakukan pengujian di laboratorium terhadap tinja para penderita untuk memastikan apakah ada penyakit lain yang diderita para pasien.

“Kami akan segera melakukan penyemprotan sarang nyamuk dan memberikan abate kepada  warga guna membatasi penyebaran demam chikungunya,” kata Siswanto. (MG/N-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dedy P

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat