visitaaponce.com

UMY Akan Terapkan Perkuliahan Tatap Muka 100 Persen

UMY Akan Terapkan Perkuliahan Tatap Muka 100 Persen
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gunawan Budiyanto (tengah)(MI/Ardi Teristi Hardi )

UNIVERSITAS Muhammadiyah Yogyakarta berencana menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen pada September 2021. Saat ini UMY sudah mengelar PTM  70 persen.

"UMY tidak gegabah (rencana menerapkan PTM 100 persen)," kata Gunawan Budiyanto, Rektor UMY, Senin (3/5), dalam media gathering. Pihaknya sudah mulai perkuliahan secara tatap muka 40 persen pada Juni 2020.

Pada September 2020, perkuliahan tatap muka ditingkatkan menjadi 50 persen. Setelah itu, pada Februari 2021, PTM ditingkatkan lagi menjadi 70 persen. Pada September 2021, 100 persen tatap muka, sedangkan online hanya pelengkap.

"September (2021) 100 persen tatap muka (akan diterapkan) karena kita sadar bagaimana mungkin mencetak akademis hanya lewat video," kata dia.

Menurutnya denyut nadi pembelajaran tatap muka harus tetap dimulai dengan menciptakan landmark sendiri secara rasional UMY pada masa pandemi Covid-19 sudah melaksanakan tiga kali wisuda secara  tatap muka. Menurut dia, protokol kesehatan sangat penting untuk diterapkan di kampus secara tegas.

baca juga: Pembelajaran Tatap Muka

Aturan yang diterapkan di UMY pada masa pandemi, misalnya makan siang bersama dilarang. Selain itu, mahaisswa yang tidak memakai masker dikenai sanksi denda Rp50 ribu, sedangkan dosen Rp100 ribu.

"Kami telah menjadikan kampus ini siaga Covid-19, bukan gegabah Covid-19," kata dia. Sekitar 100 wastafel dan 450 botol handsanitizer sudah dipasang  di lingkungan Kampus UMY. (OL-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat