visitaaponce.com

UNS Sediakan 2 Rumah Sehat bagi Warga Solo dan Sukoharjo Terpapar Covid-19

UNS Sediakan 2 Rumah Sehat bagi Warga Solo dan Sukoharjo Terpapar Covid-19
(MI/Widjajadi)

BANYAKNYA warga Kota Solo yang terkena Covid-19, telah mendorong Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk berpartisipasi atau bersolidaritas dan berbagi bersama dengan berbagai kegiatan empati sosial. Yaitu dengan menyediakan rumah sehat untuk mereka yang terinfeksi.

UNS menyediakan dua rumah sehat untuk isolasi mandiri bagi warga terpapar, baik yang tanpa gejala maupun bergejala ringan. Dan pada Rabu (28/7), Rumah Sehat 2, yang merupakan bangunan asrama mahasiswa, oleh Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho resmi dibuka.

Pembukaan Rumah Sehat 2 UNS di Kampung Ngoresan, Kentingan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho ini, dihadiri Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Prof. Bandi, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Direktur RS UNS, Prof. Hartono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih, Kapolsek Jebres Kompol Suharmono, Camat Jebres, Sulistiarini dan sejumlah tamu undangan.

UNS memiliki dua Rumah Sehat. Rumah Sehat pertama berada di Gedung Merc di komplek Rumah Sakit (RS) UNS di Pabelan dan  sudah beroperasi sejak Januari lalu dengan kapasistas 180 tempat tidur. Sedangkan untuk Rumah Sehat 2 UNS ini berada di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS dengan 114 kamar dengan 228 tempat tidur," kata Jamal.

Selama menjalani isoman di Rumah Sehat 2 ini, para warga terpapar covid-19 akan mendapatkan layanan makan 3 kali, multi vitamin, wifi, TV, sarana olahraga dan berjemur berupa  lapangan yang luas, taman.

Sementara untuk Rumah Sehat 1 yang berada di Kompleks RS UNS diperuntukkan untuk warga Sukoharjo dan sivitas akademika UNS. "Sedang Rumah Sehat 2 ini kami prioritaskan untuk warga sekitar kampus, mahasiswa dan keluarga besar UNS. Ini sebagai bentuk CSR UNS," imbuh dia.

Sebagai upaya menperlancar penggunaan Rumah Sehat 2 ini, UNS membentuk Satgas untuk penanganan Covid-19 sehingga bagi yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan tanpa komorbid dapat langsung menghubungi. 

Sedang bagi warga cukup menghubungi RT atau RW setempat, yang nanti akan berkoordinasi dengan Satgas. Semua gratis, baik yang isoman du rumah sehat 1 dan 2 UNS. "Sekali lagi ini bentuk solidaritas sosial UNS, mendukung Pemkot dalam memisahkan warga sehat dari yang terpapar," tegas Jamal.

Pada kesempatan itu, Rektor UNS ini tidak jenu mengingatkan untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, melakukan vaksin dan menghindari kerumunan. (WJ/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat