visitaaponce.com

Penyintas Erupsi Semeru Cari Hunian Sementara secara Mandiri

Penyintas Erupsi Semeru Cari Hunian Sementara secara Mandiri
Penyintas bencana awan panas guguran Gunung Semeru sedang mengangkut rumput pakan ternak di Dusun Kajarkuning, Lumajang, Jatim.(MI/Bagus Suryo.)

PENYINTAS erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mulai mencari hunian sementara secara mandiri. Mereka mengontrak rumah lantaran terlalu lama di pengungsian.

"Pengungsi yang punya anak dan bayi mencari huntara. Ada yang kos dan kontrak rumah," tegas Kepala Dusun Kebondeli Utara, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Sunar, Jumat (17/12).

Ia menjelaskan pengungsi mencari rumah kos karena merasa bosan di pengungsian dan kurang nyaman terlalu lama ikut saudaranya. Karena itu, lanjutnya, perlu bantuan biaya transportasi untuk keperluan sehari-hari.

"Kalau sembako sudah cukup, bisa bertahan sebulan. Yang kurang itu bantuan uang untuk huntara dan membeli bahan bakar minyak guna aktivitas sehari-hari," katanya.

Pendataan sementara, 26 rumah di Dusun Kebondeli Utara hancur. Sebanyak 42 rumah masih utuh, tetapi warganya mengungsi. Saat banjir lahar dingin pada Kamis (16/12), dusun itu dikosongkan. 

Baca juga: Status Gunung Semeru Naik ke Level III, Waspadai Lontaran Batu Pijar

Adapun korban hilang belum ditemukan enam orang sejak Sabtu (4/12). "Warga setiap malam berjaga secara bergantian," tuturnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat