visitaaponce.com

Senin 20 Mei,Tiga Gunung Berapi di Indonesia Erupsi

Senin 20 Mei, Tiga Gunung Berapi di Indonesia Erupsi 
Ilustrasi Gunung Ibu di Halmahera Barat kembali erupsi.(ANTARA FOTO/Andri Saputra)

ERUPSI terjadi di tiga gunung berapi, Senin (20/5). Ketiganya ialah Gunung Semeru, di Jawa Timur; Gunung Lewotobi Laki-aki di Nusa Tenggara Timur dan Gunung Ibu di Maluku Utara.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan erupsi Gunung Semeru terjadi pada pukul 07.49 WIB. Erupsi berlangsung selama 3 menit 52 detik.

"Status Gunung Semeru berada pada level III Siaga. Kami merekomendasikan warga tidak melakukan aktivitas dalam radius 13 kilometer dari puncak gunung di sektor tenggara," ungkap Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Senin (20/50.

Baca juga : Letusan Gunung Ibu Ciptakan Badai Petir Vulkanik

Sementara di luar wilayah itu, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan. Wilayah ini berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar. 

"Ada potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat," tandasnya.

Baca juga : Aktivitas Vulkanis 5 Gunung Berapi Meningkat

Di Gunung Lewotobi Laki-laki, erupsi terjadi pada pukul 09.21 WITA. Erupsi selama 2 menit 32 detik itu menimbulkan kolom abu setinggi 100 meter.

"Gunung Lewotobi Laki-laki berstatus level I Waspada. Warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi, atau sektorat 3 kilometer arah utara-timur laut dan 5 kilometer sektor timur laut," tambahnya.

Sementara di Gunung Ibu, Hendra menyatakan erupsi terjadi pukul 11.36 WIT. Kolom abu setinggi 5.000 meter, dengan durasi erupsi 2 menit 37 detik.

"Status Gunung Ibu berada pada level IV Awas. Warga diminta tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dengan perluasan sektoral 7 kilometer arah bukaan kawah di bagian utara," tandasnya. (SG/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat