visitaaponce.com

Aktivitas Vulkanis 5 Gunung Berapi Meningkat

Aktivitas Vulkanis 5 Gunung Berapi Meningkat
Petugas menunjukkan peningkatan aktivitas gunung Lewotobi Laki-laki di NTT.(Dok. Antara)

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan adanya kenaikan aktivitas vulkanik lima gunung api di Indonesia pada Rabu, 8 Mei hingga Kamis, 9 Mei 2024.

Kelimanya ialah Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara; Gunung Dempo di Sumatra Selatan; Gunung Ili Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur; Gunung Ibu di Halmahera Utara, Maluku Utara; dan Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid menyatakan berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Raung masih tinggi. Status gunung ditetapkan pada level IV Awas.

Baca juga : Aktivitas Vulkanik Tiga Gunung Api di Indonesia Meningkat Bersamaan

"Kami merekomendasikan pengosongan wilayah dalam radius 5 kilometer dari pusat kawah aktif. Potensi bahaya berupa erupsi, awan panas, lontaran material pijar dan paparan abu vulkanis," paparnya, Kamis (9/5).

Sementara itu, aktivitas Gunung Dempo mulai terpantau dengan adanya perubahan warna air danau di kawah gunung. Saat ini, terjadi perubahan warna air danau kawah dari hijau menjadi abu-abu.

Hasil pemantauan memperlihatkan adanya asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis. Terdapat indikasi pemanasan yang cukup intensif oleh magma di bawah danau kawah, sehingga ada peningkatan amplitudo tremor dan asap tipis.

Baca juga : Aktivitas 3 Gunung Api di Indonesia masih Tinggi

Status Gunung Dempo berada pada level II Waspada. Warga diminta mengosongkan wilayah dalam radius 1 kilometer dari pusat kawah.

"Potensi bahaya saat ini berupa erupsi freatik dengan ancaman bahaya berupa lontaran material dari kawah utama melanda wilayah dengan radius 1 km dari pusat erupsi," papar Wafid.

Di Gunung Ili Lewotolok, erupsi masih terjadi. Pengamatan memperlihatkan adanya lontaran lava pijar di area kawah.

Baca juga : Gunung Ile Lewotolok NTT Erupsi, Terjadi 94 Kali Letusan dalam Semalam

Gunung ini berstatus level III Siaga. Pengosongan wilayah diwajibkan pada radius 2 kilometer dari pusat aktivitas gunung.

Sehari sebelumnya, PVMBG menetapkan Gunung Ibu naik status dari level II Waspada menjadi level III Siaga. Erupsi terbaru terjadi pada Rabu (8/5) dengan tinggi kolom erupsi mencapai 2.000 meter di atas puncak.

"PVMBG merekomendasikan warga tidak memasuki wilayah radius 3 kilometer dengan perluasan sektoral berjarak 5 kilometer arah bukaan kawah," lanjut Wafid.

Erupsi juga kembali terjadi di Gunung Lewotobi Laki-laki. Tinggi kolom mencapai 100 meter di atas puncak. Gunung Lewotobi Laki-laki berstatus level II Waspada. PVMBG merekomendasikan pengosongan wilayah dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat