visitaaponce.com

Gempa Guguran Mendominasi Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi

Gempa Guguran Mendominasi Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi
Aktivitas Gunung Merapi.(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

AKTIVITAS vulkanik Gunung Merapi dari pukul 18.00 WIB pada Selasa (8/2) hingga pukul 06.00 WIB hari Rabu (9/2) didominasi dengan gempa guguran.

Petugas Pos Pengamat Gunung Merapi, Heru Suparwaka, Rabu menjelaskan, dalam waktu 12 jam tersebut, terjadi 125 kali gempa guguran dengan durasi terpanjang 166 detik dan terpendek 19 detik dan amplitudo pada kisaran 3 milimeter hingga 34 milimeter.

Kegempaan ainnya, fase banyak atau hybrid 11 kali dan vulkanik dangkal 4 kali. "Teramati guguran lava pijar sebayak 32 kali dengan jarak luncur
terpendek 1.800 meter dan terjauh 2.000 meter ke arah barat daya," katanya.

Asap kawah, lanjutnya, teramati bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 20-50 m di atas puncak kawah.

Ia menjelaskan, aktivitas vulkanik Gunung Merapi ini masih tinggi dan masyarakat diminta tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi
bahaya. "Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi," jelasnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat