visitaaponce.com

PVMBG Kondisi Gunung Tangkuban Parahu Normal

PVMBG: Kondisi Gunung Tangkuban Parahu Normal
Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat.(MI/Depi Gunawan)

KONDISI kawah Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat dipastikan masih normal meski sempat mengeluarkan asap solfatara dari Kawah Ratu pada Sabtu (12/2) siang.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani menjelaskan, asap solfatara di Tangkuban Parahu merupakan hal wajar. "Kejadian itu adalah hal yang wajar terjadi pada gunung api aktif. Itu hanya semburan gas dari kawah saja," ungkap Nia saat dihubungi.

Nia juga menyatakan, status aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih Normal (Level 1). Namun demikian, pihaknya mengimbau, wisatawan maupun pedagang tidak mendekati kawah aktif. "Kita evaluasi, meski status normal tapi kami rekomendasikan kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dekat kawah," ujarnya.

Sebelumnya, Gunung Tangkuban Parahu yang berada di perbatasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang menghembuskan asap pekat sekitar pukul 12.00 WIB. Kondisi itu menyebabkan warga yang tinggal di Lembang dan sebagian Subang, terutama yang berdekatan dengan Tangkuban Parahu menjadi resah.

Bahkan, keluarnya asap dari Kawah Ratu membuat sebagian pedagang panik dan memilih pulang. Video dan foto yang menunjukkan hembusan asap yang keluar dari Kawah Ratu viral di media sosial hingga sempat menimbulkan keresahan masyarakat status Gunung Tangkuban Parahu. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat