visitaaponce.com

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus 5 Kali dalam 9 Jam

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus 5 Kali dalam 9 Jam
Erupsi Gunung Lewotobi(Antara)

GUNUNG Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, mengalami lima kali letusan dalam rentang sembilan jam sejak Kamis (4/7). Kejadian ini mengakibatkan kawasan sekitar gunung dilanda kepanikan akibat tingginya aktivitas vulkanik yang teramati.

Pantauan udara di Desa Hokeng Jaya, Desa Persiapan Padang Pasir, Desa Dulipali, dan Desa Pululera mengindikasikan erupsi pada sekitar pukul 09.30 WITA.

Abu vulkanik menghujani kawasan ini sejak hari Rabu hingga Kamis dini hari, menimbulkan dampak signifikan terhadap rumah-rumah warga di daerah tersebut.

Baca juga : Gempa Guguran Gunung Lewotobi di NTT Masih Terus Terjadi

Gunung Lewotobi Laki-laki yang berada di Kecamatan Wulanggitang, berstatus Level III Siaga, menunjukkan aktivitas letusan dengan tinggi kolom abu mencapai antara 400 hingga 900 meter di atas puncak kawah.

Menurut data dari Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, erupsi pertama terjadi pukul 01.01 WITA dengan tinggi abu vulkanik mencapai 900 meter, mengarah ke barat dan barat daya.

Letusan ini memiliki amplitudo maksimum 29,6 dan berlangsung selama 17 menit 57 detik.

Baca juga : 528 Warga Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Dievakuasi Brimob NTT

Erupsi kedua tercatat pada pukul 02.43 WITA dengan tinggi abu mencapai 300 meter di atas puncak kawah. Sementara erupsi ketiga, pada pukul 09.15 WITA, menunjukkan tinggi abu mencapai 700 meter.

Erupsi keempat terjadi pada pukul 09.50 WITA dengan tinggi abu 700 meter di atas puncak, diikuti dengan letusan kelima setelah setengah jam, dimana abu mencapai ketinggian 900 meter ke arah barat daya dan barat.

Warga di Desa Wulanggitang dan Ile Bura dilaporkan terpapar belerang harian dan abu vulkanik yang masuk ke dalam rumah mereka. Sebagian besar warga, terutama yang berprofesi sebagai petani, terpaksa menghentikan aktivitas mereka karena kebun-kebun mereka tertutup abu.

Baca juga : Gunung Lewotobi Kembali Erupsi, 6550 Jiwa Warga Telah Mengungsi

Saat ini, aktivitas di wilayah tersebut terbatas pada rumah masing-masing karena kondisi masih dalam masa erupsi.

Sulastri Rasyid, penjabat Bupati Flores Timur, menyatakan bahwa pemerintah kabupaten sedang mencari lahan untuk persiapan evakuasi warga jika diperlukan.

"Kami sedang mencari lahan untuk membangun rumah apabila diperlukan evakuasi warga," ujar Sulastri.

Penjabat Bupati juga mengimbau warga untuk tetap tenang dan waspada menghadapi situasi ini. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat