visitaaponce.com

Gempa Guguran Gunung Lewotobi di NTT Masih Terus Terjadi

Gempa Guguran Gunung Lewotobi di NTT Masih Terus Terjadi
Gunung Lewotobi Laki-laki mengeluarkan abu vulkanik di Desa Nobo, Ile Bura, Flores Timur, NTT.(Antara/Mega Tokan)

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian ESDM mencatat lima kali gempa guguran Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lima gempa guguran tersebut terjadi Kamis (25/1) mulai pukul 00.00 hingga 06.00 Wita, dengan jarak luncur 1.000 meter mengarah ke utara.

Selain itu, dari CCTV Timur laut, teramati aliran lava sejauh lebih kurang 4 kilometer, teramati guguran lava ke utara dengan jarak luncur lebih kurang 1 kilometer. terekam Noise angin di seismograf dengan amplitudo 2.2-3.7 milimeter.

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-Laki Masih Berstatus Awas, Tanggap Darurat Diperpanjang

Kadis Kominfo Kabupaten Flores Timur Hery Lamawuran mengatakan, pengunjung dan wisatawan masih dilarang beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari pusat erupsi dan dan sektoral 6 kilometer ke arah utara dan timur laut.

"Jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat diimbau tetap berada di dalam rumah, dan apabila berada di luar rumah disarankan mengenakan masker untuk melindungi hidung dan mulut serta kacamata," katanya mengutip laporan PVMBG.

Baca juga: Gunung Lewotobi masih Erupsi, Masa Tanggap Darurat Diperpanjang

Masyarakat yang ada di sekitar gunung mewaspadai potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Adapun bantuan bagi pengungsi terus berdatangan. Pada Rabu (24/1) bantuan datang dari Tim Oase Kabinet Indonesia Maju bersama ketua tim penggerak PKK Pusat, dan ketua tim penggerak PKK NTT dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT di pos lapangan Desa Konga Kecamatan Titehena dan pos lapangan Desa Boru, Kecamatan Wulanggitang. Bantuan juga datang dari gereja, sekolah, instansi dan pemerintah.

Jumlah pengungsi sampai Kamis pagi sebanyak 6.303 orang berasal dari 8 desa terdampak erupsi Gunung Lewotobi. Mereka ditampung di 8 tenda, rumah warga di 35 desa dan fasilitas umum.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat