visitaaponce.com

Erupsi Gunung Ruang, Tsunami, dan Lontaran Batuan Pijar masih Rawan Terjadi

Erupsi Gunung Ruang, Tsunami, dan Lontaran Batuan Pijar masih Rawan Terjadi
Erupsi Gunung Ruang, Sulawesi Utara(Instagram)

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sintaro, Sulawesi Utara, masih tinggi. Potensi erupsi eksplosif dan efusif masih mungkin terjadi.

"Bahaya masih harus diwaspadai oleh masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di pantai. Potensi bahaya terdiri dari lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut," ujar Kepala Tim Pengamatan Gunung Api, Heruningtyas, Kamis (18/4), di Bandung.

Karena itu, PVMBG masih menetapkan radius 6 kilometer dari pusat kawah Gunung Ruang harus steril dari penduduk. Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Baca juga : Erupsi Gunung Ruang, TNI AL Kerahkan Kapal Perang untuk Evakuasi

Terkait tsunami, Heruningtyas menyatakan masih ada potensi kejadiannya, karena aktivitas gunung masih tinggi. Berdasarkan sejarah, saat erupsi Gunung Ruang sebelumnya pernah menimbulkan tsunami setinggi 25 meter yang menerjang Pulau Tagulandang.

Berdasarkan pengamatan, Kamis (18/4), masih teramati adanya hembusan asap dengan intensitas tebal dan tekanan sedang-kuat setinggi 500-800 m dari puncak. Sementara erupsi sudah tidak terekam.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang masih menunjukkan tingginya aktivitas vulkanik di G. Ruang, maka tingkat aktivitas G. Ruang masih tetap di Level IV (AWAS)," tandas Heruningtyas." (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat