visitaaponce.com

Kawasan Pesisir Gunung Ruang Rawan Tsunami, Warga Diminta Waspada

Kawasan Pesisir Gunung Ruang Rawan Tsunami, Warga Diminta Waspada
Foto udara memperlihatkan kondisi permukiman di desa Laingpatehi yang telah dikosongkan yang berlokasi di sebelah barat kaki Gunung Ruang.(Dok. Antara)

BNPB imbau masyarakat di sekitar gunung Ruang di Pulau Ruang dan Pulau Tagulandang, Sulawesi Utara, untuk menghindari daerah pesisir karena daerah tersebut memiliki historis tsunami dari material aktivitas vulkanik.

"Jika dilihat karakter erupsi yang terjadi pada malam hingga pagi sudah banyak material vulkanik yang sudah masuk ke badan laut. Mengingat ada historis sejarah pada 1871 material vulkanik bisa membangkiktan tsunami material yang cukup signifikan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam konferensi pers secara daring, Selasa (30/4).

"Makita mengimbau masyarakat tidak hanya kosongkan daerah radius 7 km tapi seluruh masyarakat Pulau Ruang maupun Pulau Tagulandang menghindari kawasan pesisir sampai dinyatakan aman untuk menghindari tsunami seperti yang terjadi pada 1871," tambahnya.

Baca juga : Gunung Ruang kembali Tunjukkan Peningkatan Aktivitas Vulkanik

Ia menjelaskan bahwa mekanisme tsunami yang dibangkitkan oleh aktivitas gunung api itu berbeda dengan mekanisme tsunami yang dibangkitkan oleh gempa. Kalau tsunami oleh gempa maka peringatan dini gempa bisa dimulai pada saat gempa dimulai.

Sedangkan aktivitas tsunami yang diakibatkan aktivitas gunung api sudah terjadi dan banyak material vulkanik yang berhamburan. Dengan begitu masyarakat yang berada di pulau Tagulandang untuk menjauh dari kawasan pesisir untuk menghindari potensi terjadinya tsunami.

Alat PVMBG untuk mendeteksi tsunami dilaporkan off tapi tidak rusak sehingga bisa beroperasi jadi untuk memantau secara detail gunung api Ruang.

Baca juga : Imbas Erupsi Gunung Ruang, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado Diperpanjang

"Untuk tsunami pemantauan dilakukan saat ini masih cukup terbatas artinya alat pemantau tsunami jumlahnya cukup terbatas, sehingga rekomendasi kita untuk sementara sampai kondisi aman masyarakat jauhi kawasan pesisir," ujar dia.

Diketahui pada pukul 01.30 WIB status gunung api Ruang meningkat menjadi level 4. Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa dari aktivitas gunung ruang.

"Masyarakat cukup aware dan sudah melakukan evakuasi mandiri ke posko Apengsala di Tagulandang jadi tidak ada laporan adanya korban meninggal atau pun luka," pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat