visitaaponce.com

Soal Video Viral Waspada Tsunami di Sumatra 2024, BMKG Itu Hoaks

Soal Video Viral Waspada Tsunami di Sumatra 2024, BMKG: Itu Hoaks
Ilustrasi(Antara)

Beredar sebuah video di media sosial dengan judul Waspada Ada Tsunami di Sumatra Tahun 2024. Terkait hal itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membantah keras video dan pernyataan yang terkandung di dalamnya.

“Berita bohong ini sangat meresahkan masyarakat di pesisir Sumatra,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Jumat (3/5).

Ia menyatakan, dalam video yang viral di media sosial tersebut, dituliskan bahwa narasumber pemberitaan ialah Plt Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG Rahmat Triyono. 

Baca juga : BMKG Catat 25 Kali Gempa Susulan di Maluku Tengah

“Konten yang disampaikan Bapak Rahmat Triuono tersebut adalah benar sebagai bentuk pesan kewaspadaan terhadap keberadaan sumber gempa sesar Sumatra sebagai sumber ancaman gempa di darat,” ucap Daryono.

Menurut Daryono, terkait potensi gempa di jalur Sesar Sumatra, diharapkan adanya peningkatan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat serta pemerintah, sehingga langkah-langkah mitigasi konkret harus diimplementasikan untuk mengurangi risiko bencana gempabumi.

Upaya mitigasi gempa bagi masyarakat yang paling utama adalah mewujudkan bangunan tahan gempa dan memahami ketrampilan cara selamat saat terjadi gempa. Di Sumatra khususnya dan di Indonesia pada umumnya, setiap bangunan harus dapat beradaptasi dengan guncangan gempa, seperti bangunan dengan struktur kuat sehingga tahan gempa atau bangunan aman gempa yang berbahan ringan dari kayu atau bambu yang didisain menarik.

Baca juga : Dua Penyebab Gempa Bumi Sebabkan Kerusakan Masif

Ia sangat tidak merekomendasikan membangun bangunan dengan tembok sederhana atau asal bangun tanpa tulangan besi standar yang kuat. Itu penting untuk mengantisipasi terjadinya gempa besar, gempa kecil, gempa jauh, dan gempa hiposentar dalam agar tidak menyebabkan terjadinya kerusakan setiap terjadi gempa.

“Patut disayangkan terkait pemberitaan di atas ada pihak yang tidak bertanggungjawab dengan menghubungkan sumber gempa Sesar Sumatra di darat dengan akan adanya tsunami di Sumatra pada tahun 2024 Tentu saja ini merupakan berita bohong (hoaks) untuk itu masyarakat dihimbau untuk tidak mempercayainya, meskipun kita harus selalu siaga karena tinggal di daerah rawan gempa dan tsunami,” beber dia.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkas Daryono. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat