visitaaponce.com

37 Wilayah Kota Medan Sempat Terendam Banjir

37% Wilayah Kota Medan Sempat Terendam Banjir
Banjir di Kota Medan, Sumut, beberapa waktu lalu.(ANTARA)

HUJAN deras hampir tanpa henti di Kota Medan, Sumut dan sekitarnya beberapa hari lalu, sebagian wilayah terendam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan telah melakukan pendataan dampak hujan deras hampir tanpa henti yang sempat terjadi di kotanya beberapa hari lalu.

"Sebanyak 56 kelurahan di 14 kecamatan menjadi daerah terdampak banjir," ungkap Kepala BPBD Medan Muhammad Husni, Kamis (3/3).

Jumlah kelurahan tersebut tergolong cukup signifikan mengingat Kota Medan terdiri dari 151 kelurahan dan 21 kecamatan. Dengan menggunakan data itu banjir ternyata sempat merendam lebih dari 37% wilayah Medan.

Dalam banjir kali ini, lanjut Husni, sebanyak 4.306 kepala keluarga harus dievakuasi. Mereka diselamatkan ke lebih dari 20 wilayah.

Pemkot mendirikan posko pengungsi bekerja sama dengan lembaga-lembaga non pemerintah. Selain itu didirikan juga posko evakuasi induk berkolaborasi dengan OPD terkait dan komunitas masyarakat, seperti Tagana, Kogana, Skin dan lainnya. BPBD Medan juga menambah posko penanggulangan bencana berkolaborasi Dinas Sosial dengan membuka dapur umum, serta Dinas Kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan.

Secara garis besar, terangnya, banjir yang terjadi adalah akibat dari air kiriman atau luapan sungai serta buruknya tata kelola drainase di Medan. Banyaknya air hujan tidak mampu ditampung sungai-sungai dan drainase yang sudah mendangkal atau rusak. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat