visitaaponce.com

Arus Balik Pemudik Mulai Ramaikan Jalan Lintas Sumatera Jambi

Arus Balik Pemudik Mulai Ramaikan Jalan Lintas Sumatera Jambi
Kendaraan melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jambi-Riau, Jambi, Kamis (5/5).(ANTRA/Wahdi Septiawan)

RUAS jalan lintas timur dan jalur lintas tengah Sumatera di wilayah Provinsi Jambi, Kamis (5/5) mulai diramaikan kendaraan pemudik yang hendak balik ke tempat asal.

Salah satu ruas jalan yang terlihat ramai dilintasi yakni ruas jalan nasional di Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari. Ruas jalan tersebut merupakan jalur penghubung jalan lintas timur dengan jalan lintas tengah Sumatera dari Kota Jambi-Kabupaten Bungo.

Meningkatnya intensitas kendaraan emasuki arus balik Lebaran tahun 2022 juga terlihat di Jalan Lintas Timur yang melintasi jalur lingkar barat Kota Jambi-Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjungjabung Barat. Ruas jalan tersebut menghubungkan Jambi dengan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Riau.

Pemandangan serupa juga terlihar di jalan lintas tengah Sumatera, yang mengbungkan Jambi, Sumatera Selatan dan Provinsi Sumatera Barat. Kendati belum begitu padat, ruas jalan lintas tengah Sumatera yang melintasi Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun itu, ramai dilintasi kendaraan pemudik yang hendak balik.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto memperkirakan arus kendaraan di ruas-ruas jalan tersebut akan semakin meningkat. Untuk mengawal kondusivitas keamanan, sebut Mulia, ribuan personel gabungan Polri, TNI, dan instansi pemerintah terkait, bersiaga di 52 Pos Operasi Ketupat Siginjai 2022 yang tersebar di sepanjang ruas jalan yang bakal ditempuh pemudik.

Dia menambahkan, samenjak arus mudik sebelum Lebaran Idul Fitri hingga Kamis (5/5),  kondisi keamanan di jalur pelintasan pemudik di wilayah Jambi relatif aman dan terkendali. Sampai saat ini Polda Jambi mencatat hanya terjadi 12 insiden laka-lantas, dengan korban jiwa tiga orang. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat