visitaaponce.com

Ruas Jalinsum antara Bengkulu-Sumsel Amblas Terkena Longsor dan Pohon Tumbang

Ruas Jalinsum antara Bengkulu-Sumsel Amblas Terkena Longsor dan Pohon Tumbang
Jalan Lintas Sumatra antara Bengkulu-Sumsel amblas akibat longsor dan pohon tumbang saat hujan deras.(Metro TV)

HUJAN deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu menyebabkan Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) amblas tergerus longsor dan pohon tumbang. Akibatnya Arus Lalu Lintas dari kedua arah baik itu menuju Bengkulu maupun menuju ke Sumsel menjadi terganggu dan sempat dilakukan penutupan arus lalu lintas hingga menyebabkan kemacetan panjang.

Hujan deras yang disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan sekitarnya dalam dua hari belakangan telah membuat Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatra Selatan atau tepatnya di kilometer 44,5 kawasan Liku Sembilan, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu amblas tergerus longsor.

Baca juga: Jalan Alternatif Garut-Tasikmalaya Tertutup Tanah Longsor

Amblasnya badan Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) inipun hampir setengah dari badan jalan, sehingga membuat arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatra Bengkulu-Sumsel harus dilakukan secara bergantian.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) yang amblas tergerus longsor, petugas dari Satlantas Polresta Bengkulu Tengah telah memasang rambu-rambu peringatan dan memasang garis polisi di sepanjang jalan lintas Sumatra (Jalinsum) yang amblas tergerus longsor.

Baca juga: 16 Kecamatan di Jakarta Rawan Longsor Akibat Cuaca Ekstrem

Tidak hanya itu, dilokasi yang sama di Kecamatan Taba Penanjung juga terjadi pohon tumbang dan tanah longsor yang menyebabkan hampir seluruh badan jalan lintas Sumatra (Jalinsum) menjadi tertutup akibat pohon berukuran besar roboh dan menutup badan jalan.

Akibatnya akses lalu lintas sempat terputus hingga petugas gabungan dari Satlantas Polres Bengkulu Tengah, BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah dan Koramil Taba Penanjung datang ke lokasi kejadian untuk membersihkan pohon tumbang dan tanah longsor yang menutupi badan jalan.

Petugas Sat Lantas Polres Bengkulu Tengah menghimbau kepada setiap pengendara yang akan melintas di kawasan pegunungan yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah khususnya kawasan Taba Penanjung dan sekitarnya untuk selalu waspada dan berhati-hati akan adanya pontensi pohon tumbang dan tanah longsor di musim penghujan seperti sekarang ini.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat