visitaaponce.com

16 Kecamatan di Jakarta Rawan Longsor Akibat Cuaca Ekstrem

16 Kecamatan di Jakarta Rawan Longsor Akibat Cuaca Ekstrem
Kampung Melayu salah satu wilayah rawan longsor di Jkaarta(MI/Usman Iskandar)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengeluarkan daftar wilayah rawan longsor pada Januari 2024. Terdapat 16 kecamatan di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat yang masuk kategori dalam zona rawan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI pun mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai longsor.

“Prakiraan wilayah potensi gerakan tanah itu disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diterbitkan BMKG,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, dalam keterangannya, Rabu (10/1).

Berdasarkan data BPBD DKI yang dihimpun dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), beberapa wilayah rawan longsor itu berada di zona tengah menengah. Pada zona itu diprakirakan terjadi gerakan tanah apabila curah hujan di atas normal, terutama wilayah yang berbatasan dengan sungai, gawir, tebing jalan, atau jika lereng mengalami gangguan.

Baca juga: Tanah Longsor Landa Bandung Barat, Satu Petani Sayur Tewas, Satu Luka

“BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada lurah dan camat di Jakarta serta masyarakat mengantisipasi potensi longsor saat curah hujan di atas normal,” ujar Isnawa.

Berikut daftar sebanyak 16 kecamatan di Jakarta yang masuk zona rawan longsor: Jakarta Pusat: Menteng; Jakarta Selatan: Cilandak; Jagakarsa; Kebayoran Baru; Kebayoran Lama; Mampang Prapatan; Pancoran; Pasar Minggu; Pesanggrahan; Jakarta Timur: Cakung; Duren Sawit; Jatinegara; Kramatjati; Matraman; Pasar Rebo; dan Pulo Gadung. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat