visitaaponce.com

Libur Lebaran, 10 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Danau Kelimutu

Libur Lebaran, 10 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Danau Kelimutu
Danau Kelimutu, Ende, NTT banyak dikunjungi wisatawan saat libur lebaran 2022.(MI/Gabriel Langga)

SEPANJANG libur Idul Fitri 1443 Hijriah dilaporkan terdapat 10 ribu wisatawan yang mengunjungi tempat wisata taman nasional danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Hal ini dikarenakan danau yang memiliki tiga warna itu punya keistimewaan tersendiri sekaligus merupakan keajaiban dunia.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (TNK), Hendrikus Rani Siga menuturkan sepanjang liburan idul Fitri 2022 wisatawan yang berwisata di destinasi taman nasional Kelimutu tercatat ada 10.168 lebih wisatawan. Mereka ini berasal dari  wisatawan regional, domestik  dan juga wisatawan asing.

"Kalau kita hitung-hitung itu ada 10.618 pengunjung yang datang di destinasi ini. Yang mana  10.140 orang wisatawan domestik. Sisanya wisatawan regional dan mancanegara dari berbagai belahan dunia," kata dia, Sabtu (7/5).

Dia pun merincikan pada Minggu (1/5), wisatawan nusantara yang berkunjung ke TNK mencapai 804 orang, sementara wisatawan mancanegara sebanyak 11 iorang yakni 8 orang dari Belanda, 2 orang dari Jerman dan 1 orang dari Prancis.

Senin (2/5), kata dia, ada sekitar 1.163 orang wisatawan domestik dan 7 orang mancanegara yang berasal dari Kroasia 4 orang, Jerman 1 orang dan Rusia 2 orang. Selasa (3/5) adalah puncak liburan, jumlah wisatawan domesti yang berkunjung mencapai 3.382 orang  dan wisatawan mancanegara 4 orang berkebangsaan Kroasia. Rabu (4/5), kunjungan wisatawan domestik juga terpantau tinggi sebanyak 3.109 orang dan mancanegara sebanyak 4 orang dari Amerika  dan Jerman.

Kamis (5/5) jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung mencapai 1682 orang termasuk komunitas Pelajar Nusantara yang berjumlah 20 orang. Adapun wisatawan mancanegara ada 2 orang dari Tiongkok dan Australia

"Tingginya minat kunjungan wisatawan domestik kali ini dipicu oleh kerinduan warga untuk berwisata ke TNK pasca pelonggaran larangan PPKM di masa pandemi covid-19. Hal yang sama terlihat dari adanya arus kunjungan wisatawan mancanegara yang mulai bergeliat perlahan mendatangi kawasan TNK dan pulau Flores pada umumnya setelah dibukanya pintu penerbangan internasional ke Bali dan beberapa kota lain di Indonesia," pungkas dia. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat