visitaaponce.com

Kerupuk, Kemplang dan Getas Masih Menjadi Buruan Pemudik

Kerupuk, Kemplang dan Getas Masih Menjadi Buruan Pemudik
Oleh-oleh khas Babel(MI/Rendy F)

PROVINSI Bangka Belitng (Babel) kaya akan hasil laut, berbagai panganan khas Babel banyak terbuat dari hasil laut tersebut seperti kerupuk, kemplang dan getas. Tiga oleh-oleh khas Babel ini tentunya setiap mudik lebaran selalu menjadi incaran sebagai oleh-oleh bagi sanak dan saudara.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel Tarmin AB mengatakan banyak makanan khas Babel yang terbuat dari hasil laut seperti ikan, udang dan kepiting. Namun, menurutnya, yang paling laris setiap mudik lebaran sebagai oleh-oleh yang diburu adalah kemplang, getas dan kerupuk.

"Kerupuk, kemplang dan getas ini, laris dan selalu di buru para pemudik untuk oleh-oleh mereka pulang dari Babel," kata Tarmin, Selasa (10/5).

Menurutnya, harga makanan khas Babel ini sangat murah.

"Harganya bervariasi mulai dari Rp10 ribu hingga Rp100 ribu tergantung kualitas, biasanya di jual perbungkus, ada juga yang perkilo," ujarnya.

Baca juga: Okupansi Hotel di Babel Hampir 80% Saat Libur Lebaran

Karena selalu di buru para pemudik, omzet toko-toko penjual makanan khas Babel ini pun meningkat.

"Memang kita belum mendata berapa perputaran uang untuk tiga makanan khas ini, tetapi kita prediksi bisa mencapai miliaran rupiah," ungkap dia.

Wahyudi, salah satu pemudik, mengaku selalu membeli kerupuk, kemplang dan getas sebagai buah tangan dari Babel.

"Saya selalu beli kualitas terbaik untuk kerupuk, kemplang dan getasnya, selain untuk konsumsi sendiri, juga akan di bagikan dengan teman-teman di kantor," tuturnya.

"Kalau bawa oleh-oleh ini ringan, harga terjangkau dan dapat dinikmati banyak orang, makanya saya selalu pilih tiga jenis makanan khas Babel tersebut," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat