visitaaponce.com

PT PII Kembangkan Rumah Oleh-Oleh Situbondo Bantu UMKM

PT PII Kembangkan Rumah Oleh-Oleh Situbondo Bantu UMKM
Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Situbondo Edi Wiyono (kiri) dan Komisaris PT PII Mariatul Aini saat membuka Rumah Oleh-Oleh Situbondo.(Dokpri.)

MELALUI tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII)--salah satu special mission vehicles (SMV) Kementerian Keuangan--mengembangkan Rumah Oleh-Oleh Situbondo. Harapannya, Rumah Oleh-Oleh Situbondo dapat menjadi satu solusi bagi para UMKM untuk mendapatkan akses edukasi, pemasaran, bisnis, kolaborasi, perizinan, coworking space, dan galeri produk unggulan serta menjadi pusat distribusi dan pemasaran produk UMKM yang telah dikurasi yang ada di Kabupaten Situbondo.

Komisaris PT PII Mariatul Aini menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan manfaat kepada masyarakat, salah satunya membangun pusat pengembangan dan pemasaran produk-produk UMKM serta menciptakan communal branding bagi produk UMKM melalui kolaborasi berbagai pihak untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan investasi daerah di Situbondo, Jawa Timur. "Kami terus berperan serta dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, khususnya Kabupaten Situbondo, sebagai salah satu wilayah terdampak dari pembangunan proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang telah diberi penjaminan oleh PT PII," jelas Aini dalam keterangan tertulis, Jumat (1/12).

Baca juga: Pertamina Gelar Kompetisi untuk Pengemudi Ojek Online

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan bahwa pemerintah telah merancang target pengembangan UMKM selama lima tahun ke depan seperti dipaparkan dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJM Nasional Tahun 2020-2024. Peran serta berbagai pihak mutlak diperlukan guna mendukung target pengembangan UMKM. 

"Oleh karena itu, kami mengapresiasi dukungan dan kerja sama serta kolaborasi yang telah terjalin bersama PT PII dalam membangun dan mendukung pengembangan UMKM melalui program ini, karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Kabupaten Situbondo ialah pelaku UMKM. Kami dan PT PII mengharapkan dengan program ini dapat meningkatkan kapasitas, pelatihan, dan pendampingan bagi para pelaku UMKM sehingga produk yang dihasilkan memiliki nilai dan daya saing yang baik untuk dipasarkan," terang Karna Suswandi.

Baca juga: Butuh Rp185 Miliar untuk Meningkatkan Layanan KA Batara Kresna

Sebagai informasi, dalam melaksanakan program ini, PT PII memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM antara lain mengenai standardisasi produk, kemasan, pemasaran, serta distribusi. Selain itu, PT PII juga memilih tiga UMKM terbaik dari seluruh peserta untuk diberikan fasilitas paket packaging, termasuk paket logo design UMKM dan pemberian kemasan baru untuk produk UMKM tersebut. PT PII juga bekerja sama dengan mitra Tiga Langkah dan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo dalam melakukan kurasi UMKM. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat