visitaaponce.com

Jemaah Borong Oleh-oleh, Perusahaan Kargo Haji Panen Cuan

Jemaah Borong Oleh-oleh, Perusahaan Kargo Haji Panen Cuan
Jemaah Indonesia berkerumun di salah satu toko cinderamata yang tidak jauh dari Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (12/8/2017).(MI/SISWANTINI SURYANDARI)

AKTIVITAS jemaah haji Indonesia di Madinah, bukan cuma beribadah di Masjid Nabawi. Banyak jemaah haji Indonesia juga terlihat sibuk berbelanja. Bahkan mereka memborong oleh-oleh dalam jumlah sangat besar sehingga harus dimasukkan ke dalam dus-dus besar.

Pembatasan bagasi di pesawat tidak menjadi persoalan. Sebab jemaah tetap bisa mengirimkan oleh-oleh dengan menggunakan jasa ekspedisi sebagai alternatif solusi.

Di Arab Saudi banyak terdapat jasa ekspedisi pengiriman barang dengan harga yang bersaing. Salah satunya Nusantara Trans Cargo. Dengan biaya 35 riyal (Rp149 ribu), paket kiriman sudah bisa sampai di lokasi hanya dalam waktu dua minggu. Paket kiriman pun bisa dijemput di lokasi.

Baca juga : Jemaah Haji Diberangkatkan ke Mekkah Mulai 20 Mei

"Buat jemaah haji Indonesia. Biasanya kalau ada yang mau ngirim paket, kami dikontak melalui Whatsapp atau via telepon, kami akan jemput, ditimbang di lokasi, lalu dikirim ke kantor pusat di Jeddah. Amanah Insya Allah," tutur Muhammad Esan Effendi, pegawai Nusantara Trans Cargo saat ditemui di salah satu hotel di dekat Masjid Nabawi, Sabtu (18/5).

Tidak hanya menawarkan jasa pengiriman via udara, Nusantara Cargo juga menyediakan paket pengiriman via laut dengan biaya 10 riyal (Rp42.500) per kg. Paket ini biasanya tiba di lokasi sekitar 2-3 bulan. "Kalau via udara, 35 riyal bisa sampai 15-22 hari, untuk laut bisa 2-3 bulan, lebih murah memang hanya 10 riyal" jelas Esan.

Untuk pengiriman Cargo, Esan menyebut minimal 20 Kg, barang akan dijemput langsung dari hotel atau rumah pengirim sementara urusan bea cukai sudah menjadi tanggung jawab pihak ekspedisi.

Saat ini Nusantara Trans Cargo hanya melayani pengiriman dari Arab Saudi ke pulau jawa. Kantor pusatnya berada di Jeddah sementara di Jakarta ada di jalan Raya Cileungsi KM 20 Cibubur Jakarta Timur. Nusantara Cargo juga membuka kantor di Malang Jawa Timur, tepatnya di Jalan Raya Pakis Aji.

Selain jasa pengiriman Nusantara Cargo, beberapa layanan pengiriman cargo yang sering digunakan untuk mengirim barang dari Madinah, Arab Saudi ke Indonesia yaitu Pos Indonesia (EMS), DHL Ekspress, Aramex, Cargo Haji dan Umrah (CHU), Saudi Post, Nippon Express, dan FedEx. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat