visitaaponce.com

IKEA Kena Imbas Ketegangan di Laut Merah

IKEA Kena Imbas Ketegangan di Laut Merah
Logo IKEA(AFP/LOIC VENANCE)

RAKSASA furniture flatpack asal Swedia , IKEA menyampaikan potensi tertundanya pengiriman barang karena perubahan rute toko kargo di seluruh Afrika dalam menjauhi serangan Houthi Yaman di Laut Merah .

Sekitar 20.000 kapal melewati Terusan Suez setiap tahun. Gelombang serangan rudal dan drone baru-baru ini terhadap kapal-kapal kontainer yang lewat oleh pemberontak Hothi Yaman telah mendorong banyak kapal untuk menghindari penggunaan Laut Merah dan Terusan Suez, yang merupakan titik penghalang bagi sekitar 10% perdagangan global

“Situasi di Terusan Suez akan mengakibatkan tertundanya dan mungkin menyebabkan kendala ketersediaan produk IKEA tertentu,” kata Ikea kepada AFP melalui email.

Baca juga : Dikeroyok Jet Tempur AS dan Inggris, Houthi Yaman Tetap Bela Palestina

Bepergian keliling Afrika dapat menambah waktu seminggu perjalanan antara Asia dan Eropa, serta biaya bahan bakar ratusan ribu dolar.

Ikea mengatakan tidak melakukan kontak dekat dengan pengangkutnya dan keselamatan tim mereka adalah prioritas utama.

“Sementara itu, kami sedang memberikan opsi pasokan lainnya untuk menjamin ketersediaan produk kami, dan kami terus menyatukan situasi di depannya,” tambah perusahaan tersebut.

Kelompok Huthi mengatakan serangan mereka terhadap kapal kontainer yang lewat adalah untuk mendukung warga Palestina dalam perang Gaza yang berkecamuk antara Israel dan kelompok militan Hamas sejak 7 Oktober. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat