visitaaponce.com

Jemaah Haji Diberangkatkan ke Mekkah Mulai 20 Mei

Jemaah Haji Diberangkatkan ke Mekkah Mulai 20 Mei
Pemberangkatan gelombang pertama jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Mekkah, yang akan berlangsung secara bertahap mulai 20 Mei-1 Juni(MI/Ramdani)

KEPALA Daker (Kadaker) Madinah Ali Machzumi mengatakan jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan diberangkatkan secara bertahap dari Madinah ke Mekkah mulai 20 Mei hingga 1 Juni. Saat ini jumlah jemaah haji yang telah tiba di Madinah telah mencapai 56.701 dari total sekitar 90 ribu yang akan tiba hingga 23 Mei nanti.

"Insya Allah rencananya 20 Mei waktu pendorongan jemaah haji sekitar 8 kloter yang pertama akan kita berangkatkan ke Mekkah," ujar Ali Machzumi saat menyambut kedatangan jemaah kloter 27 asal Embarkasi Surabaya (SUB), Sabtu, (18/5) pukul 20.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Dia menambahkan dalam pemberangkatan itu jemaah lansia tidak perlu turun dari bus. 

Baca juga : Insiden Jemaah Haji Pindah Hotel di Madinah, Ini Biang Keroknya

"Jemaah lansia bisa mengambil miqat di atas bus," kata Ali.

Pemberangkatan delapan kloter ke Makkah akan dilakukan dengan tiga tahapan, dimulai pukul 06.00 WAS, siang ba'da zuhur dan asar. 

"Berharap lancar, jemaah bisa tiba di Mekkah dengan selamat dan melaksanakan ibadah haji," ujarnya.

Baca juga : Awas, Jangan Lakukan Tujuh Hal Ini Di Mekkah

Ali mengatakan untuk pemberangkatan jemaah tersebut pihaknya sudah melakukan mitigasi untuk kesiapan bus dan makanan selama perjalanan. Termasuk kesiapan petugas di Sektor Bir Ali untuk menyambut kedatangan jemaah yang akan mengambil miqat.

Selain itu, kata dia, tim kesehatan Daker Madinah juga menyiapkan pampers jika ada yang membutuhkan dalam perjalanan. Khusus untuk lansia, posisi duduk di atas bus di bagian depan dan lorong agar memudahkan evakuasi saat tiba di Mekkah.

Data dari sistem informasi haji terpadu (Siskohaj) menyebutkan gelombang pertama jemaah yang tiba di Madinah sebanyak 90.255 yang dibagi dalam 229 kloter. Sedangkan jemaah gelombang kedua dari Indonesia yang akan langsung memasuki kota Makkah mulai 24 Mei 2024 berjumlah 123.065 orang. Mereka ini bergabung dalam 325 kloter.

Pada penyelenggaran haji tahun ini, jemaah haji Indonesia berjumlah 241 ribu orang. Jumlah ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji. Dari jumlah itu, 45 ribu di antaranya adalah jemaah lansia yaitu jemaah yang usianya di atas 65 tahun. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat