visitaaponce.com

Situ Ciburuy Tercemar, Warga tidak Bisa Gunakan Air Sumur

Situ Ciburuy Tercemar, Warga tidak Bisa Gunakan Air Sumur
Foto udara Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (1/6).(ANTARA/Raisan Al Faris)

KONDISI air Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, diduga tercemar limbah industri sehingga  menyebabkan warnanya berubah menjadi hitam dan menimbulkan bau menyengat.

"Pencemaran diduga berasal dari pabrik batu bata serta dari proses pencucian karung bekas limbah. Hasil pengolahannya mengalir dan akhirnya mencemari air Situ Ciburuy," kata anggota Koramil Padalarang, Sertu Saiful Dani, saat dimintai keterangan, Jumat (15/7).

Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan sejumlah unsur terkait untuk menindaklanjuti pencemaran di Situ Ciburuy. Dia mengatakan bahwa sebetulnya kejadian ini sudah berlangsung sejak lama namun kali ini lebih parah hingga mencemari lingkungan sekitarnya.

"Dulu enggak separah seperti sekarang, bahkan ikan yang ditebarkan di Situ Ciburuy menjadi mati," bebernya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) pada Dinas Lingkungan Hidup Bandung Barat, Idad Saadudin, mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk menindaklanjuti dugaan pencemaran limbah di Situ Ciburuy.


Baca juga: Dieng Culture Festival 2022 Bakal Digelar Awal September


"Kami sudah turun ke lapangan, hasil pengecekan sementara dugaan pencemaran berasal dari pencucian kantong atau karung bekas industri," terangnya.

Sementara itu, pencemaran Situ Ciburuy meluas hingga permukiman warga. Bukan hanya menimbulkan bau tak sedap, air sumur warga pun menjadi kotor dan tidak layak konsumsi.

Seorang warga, Wati, mengungkapkan, pencemaran air Situ Ciburuy merembes ke sumur-sumur warga. Sudah 10 hari warga tidak bisa memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan memasak sehingga terpaksa harus membeli air galon.

"Air sumur jadi berbau, enggak aman dikonsumsi, takut berdampak kesehatan. Kalau untuk mandi masih bisa dipakai, tapi badan jadi gatal-gatal," ungkapnya.

Diperkirakan, warga yang terdampak pencemaran mencapai radius 50-100  meter dari Situ Ciburuy atau sekitar empat RW di wilayah tersebut. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat