visitaaponce.com

Genjot PAD, Perusda Tojo Una-Una Gandeng WINFRA di APKASI Otonomi EXPO 2022

Genjot PAD, Perusda Tojo Una-Una Gandeng WINFRA di APKASI Otonomi EXPO 2022
Kerja sama Perusda Tojo Una-Una dengan WINFRA(Dok. Pribadi)

SEBAGAI salah satu kabupaten termuda di Sulawesi Tengah, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berjumlah sekitar Rp62 Miliar pada 2018. 

Pada ajang APKASI Otonomi EXPO 2022, Perusda tersebut menggandeng WINFRA Consulting untuk meningkatkan investasi dan kinerja perusahaan daerah di Kabupaten Tojo Una-Una pada semua usaha yang dimilikinya.

Direktur Utama WINFRA Consulting Hardini Puspasari memaparkan, Nota kesepahaman itu meliputi Penyusunan Rencana Pendek & Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) Daerah Touna, Penyusunan rencana usaha (business plan) sektor unggulan, dan Pendampingan implementasi dan pelaksanaan dari rencana usaha yang sudah disusun.

Hardini menjelaskan kerja sama itu diharapkan akan menjadi titik awal kemajuan Kabupaten Tojo Una-Una melalui Pengembangan Kapasitas Perusda. 

"Kami tentu saja punya pengalaman yang cukup dalam inovasi pembiayaan infrastruktur daerah. Untuk Tojo Una-Una kami mempunyai target mempersiapkan Perusdanya dapat tampil di ajang pertemuan G20 di Bali November 2022 khususnya untuk dapat ditawarkan kepada para Investor yang akan hadir dalam acara tersebut," ungkapnya melalui keterangan yang diterima Media Indonesia, di Jakarta, Sabtu (23/7).

Ia meyakini dengan meningkatnya performa Perusda Touna ini tentu saja akan menjadi lokomotif pembangunan daerah Kabupaten Tojo Una-Una dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang ujungnya akan membawa peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat .

Baca juga : Ada Kekayaan Lain yang Diincar Warga di Taman Nasional Komodo

WINFRA kata dia adalah kumpulan tenaga ahli pada implementasi proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha/Public Private Partnership (PPP) sesuai dengan Perpres No. 38/ Tahun 2015 Tentang KPBU. 

"Saat ini khususnya BUMD dan Perusda mempunyai peluang besar untuk sukses dalam mewujudkan Unsolicited Project di Indonesia“ sambungnya.

Ia optimistis, mata dunia akan melihat akselerasi dari Perusda Tojo Una-Una dalam usahanya mengembangkan berbagai usaha yang dimilikinya sehingga diharapkan akan meningkatkan kepercayaan dari para investor dan kalangan dunia usaha nasional terhadap keberadaan Perusda Touna.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Ahmad Budullah beharap melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ini potensi yang dimiliki Perusda Tojo Una-Una dapat segera berkembang berjalan guna meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. 

"Kita harapkan hasil kerja sama ini bisa berjalan lancar dan membuahkan hasil," pungkasnya. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat