visitaaponce.com

Sekolah Sukma Bangsa Sigi Bekali Siswa-Siswi dengan Materi Empat Pilar Kebangsaan

Sekolah Sukma Bangsa Sigi Bekali Siswa-Siswi dengan Materi  Empat Pilar Kebangsaan
Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di ASekolah Sukma Bangsa Sigi, Sulteng, Selasa (2/8).(MI/Mitha Meinansi)

DALAM rangka menyambut dan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 Tahun, Sekolah Sukma Bangsa (SSB) di Desa Maku, Kecamatan  Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengadakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Selasa (2/8).

"Ini menjadi kegiatan yang memang harus dimaknai oleh semua warga sekolah dan juga masyarakat sekitar, agar kedepannya dapat memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa" ujar Nurhayati, Direktur Sekolah Sukma Bangsa Sigi.

Kegiatan yang diselenggarakan dengan maksud untuk menumbuhkan dan merawat semangat kebangsaan itu, diselenggarakan Sekolah Sukma Bangsa Sigi bersama Anggota DPD/MPR RI Muhammad J Wartabone dan dihadiri pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengangkat tema 'Bersama Kita Rawat Semangat Kebangsaan', sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, juga menghadirkan peserta dari beberapa sekolah SMP dan SMA lain termasuk guru pendamping mereka.

Wartabone mengaku sangat bersyukur dan bahagia bisa hadir di SSB Sigi dan menyampaikan materi kebangsaan dihadapan kurang lebih 140 siswa. "Saya datang di Sekolah Sukma Bangsa ini, karena saya tertarik dengan sekolah ini, memiliki metode boarding school," ujar Wartabone.

Menurutnya, yang menjadi alasan utama adalah konsep boarding school yang  menerima seluruh agama di Indonesia. "Saya menanamkan empat pilar kebangsaan ini agar anak-anak kita ini termotivasi untuk menamakan nilai-nilai keumatan dan kebangsaan dalam diri mereka sebagai bangsa yang besar," jelasnya.

Perbedaan agama yang membaur menjadi satu, di SSB Sigi, menurut Wartabone adalah praktek nyata dalam wujud Bhineka Tunggal Ika. "Karena ada perbedaan agama, perbedaan etnis, beragam, dan sebagainya. Itu sudah tercermin di Sekolah Sukma Bangsa ini," tandasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat